Kembangkan SDM, Gubernur Fokus Pada Pendidikan Vokasi

 

Erzaldi Rosman

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman Djohan bertekad untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang diwujudkan dengan menggalang kerjasama antar civitas kampus, memprogramkan beasiswa dan juga memperbanyak pendidikan vokasi.

“Saya dari dulu fokus pada pendidikan vokasi atau skill based. Dengan pola inilah, kualitas SDM Babel bisa dilihat oleh dunia,” kata Erzaldi, dalam siaran persnya yang diterima harian ini melalui staf khusus gubernur, Senin (20/11/2017).

Erzaldi berkesimpulan bahwa perusahaan lebih menyukai para lulusan pendidikan vokasi yang telah menguasai keahlian praktikal, karena dianggap lebih siap kerja walau harus menggaji lebih tinggi.

Presiden Jokowi dalam Rakernas Kadin pun, sebutnya, mengajak Kadin untuk menggalakkan pendidikan vokasi. Pendidikan vokasi ini menjadi kebutuhan mendesak ketika pemerintah sekarang fokus pada pariwisata yang segera memerlukan tenaga terampil.

Pendidikan vokasi adalah pendidikan yang menekankan pada keahlian praktikal yang dibutuhkan untuk langsung terjun ke dunia kerja. Biasanya satu program membahas topik yang spesifik.

Selain kerjasama dengan civitas kampus, Erzaldi juga telah sukses menyelenggarakan beasiswa bagi pelajar atau mahasiswa untuk melanjutkan ke jenjang S1, S2, di dalam dan luar negeri. “Tahun ini kami juga memberikan beasiswa untuk S1 sekitar 250 orang baik di dalam dan luar daerah,” kata dia.

Sedangkan untuk jenjang S2, ia mengatakan pihaknya menargetkan akan memberikan beasiswa bagi 25 orang. “Untuk S2 lebih teknis dan sejalan dengan kebutuhan SDM kita seperti kita mau bikin bank daerah kita S2 kan yang jurusan ekonomi syariah 10 orang ke Madinah,” ujarnya.

Ia berharap, para siswa berprestasi dan kurang mampu di Babel dapat mengenyam pendidikan sehingga dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas sumber daya manusia.

Sementara itu, Wakil Rektor Tanri Abeng University (TAU), Muhammad Nur Sadik, dalam audiensi dengan Pemprov Babel juga mengatakan bahwa kampusnya siap membantu Pemprov Babel yang tengah mempersiapkan program peningkatan SDM.(rls)

No Response

Leave a reply "Kembangkan SDM, Gubernur Fokus Pada Pendidikan Vokasi"