by

Kemarau, PDAM Tirta Pinang Jaga Kualitas Air

-Berita Kota-381 views

PANGKALPINANG – Direktur PDAM Tirta Pinang Pangkalpinang, Zuniar Nangtjik mengaku mewaspadai kualitas air saat ini yang mulai memasuki musim kemarau. Hingga saat ini kemarau dinyatakan belum berdampak bagi pelayanan PDAM di Kota Pangkalpinang.
“Belum berdampak pada sumber air baku milik PDAM. Namun kami berusaha menambah sumber air baku kami. Jumlah pelanggan tetap kami juga terhitung stabil, sehingga cadangan air itu cukup,” ujarnya.
Dijelaskan dia, PDAM memanfaatkan sumber air baku di dekat kantor sebagai sumber air baku tambahan. Menurutnya, ini bisa meningkatkan sekitar 50 persen dari empat titik sumber air baku yang telah ada sebelumnya.
“Kemarau sampai hari ini kami aman untuk sumber air baku. Cadangannya banyak. Ada sumber air baku di Kacang Pedang yang belum kami sentuh sama sekali, tapi siap pakai. Kemudian yang di Bacang juga begitu,” imbuhnya.
Kendati demikian, diakui Zuniar kualitas sumber air baku sedikit menurun pada saat kemarau ini. Persoalan ini diatasi dengan menerapkan pengolahan yang diklaim prima. Dia opitimis kemarau tak akan banyak berdampak bagi pelayanan pihaknya.
Selain itu, PDAM kini tengah membenahi titik-titik sumber air baku. Sebagai contoh, kolong di dekat Jembatan 12 dari sebelumnya tidak ada, sekarang telah dipasangi mesin intake. Demikian juga di kolong Pedindang.
“Di Pedindang itu kami lagi bikin sumber air baku. Ini lagi pengadaan. Mudah-mudahan selesai. Yang jelas air dari Bukit Mangkol juga masih mengalir. Sekarang volume air kami posisinya maksimal,” tukasnya. (bum/1)

Comment

BERITA TERBARU