Kelurahan Terbersih dan Terkotor Akan Dilombakan

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil alias Molen mewacanakan lomba kelurahan terbersih dan terkotor dalam waktu dekat.

“Makanya, lurah dan camat harus bekerja ekstra. Rebutlah menjadi terbersih. Lurah dan camat harus ajak masyarakatnya untuk menjaga kebersihan. Ini penting,” ujar Molen kepada wartawan, Senin (14/10/2019).

Dia pun menekankan agar pihak kelurahan segera melakukan pembenahan terkait lingkungan dan jangan sampai mendapat predikat kelurahan terkotor.

“Lomba ini sudah dirancang beberapa bulan lalu. Tujuannya agar masyarakat dan aparat pemerintah terkait secara kesinambungan dapat menjaga kebersihan lingkungan,”katanya.

Apalagi katanya, tiap kelurahan sudah diberikan dua unit truk sampah. Seharusnya hal itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di masing-masing kelurahan.

“Peran warga sangat penting. Saya sebenarnya ingin masyarakat bersama pemerintah aktif menjaga kebersihan lingkungan. Masalah kebersihan ini adalah tanggung jawab bersama,” tegasnya.

Bagi kelurahan yang dinobatkan sebagai kelurahan terbersih, Molen menjamin akan memberikan penghargaan. Selain itu, bagi kelurahan terkotor akan diunggah ke akun media sosial pribadinya.

“Saya minta warga aktif memberikan penilaian. Sebab penilainya juga melibatkan masyarakat yang memberikan suara dan keaktifan di media sosial untuk mendukungnya,”ujar Molen.

Dia menyebutkan telah mulai mensosialisasikan rencana lomba ini kepada pihak kelurahan dan kecamatan. “Saya secara pribadi dan pemerintah mengajak masyarakat peka terhadap lingkungan terutama persoalan sampah,” ujarnya. (bum/10)

Related posts