Kelurahan Kenanga Undang Ust. Yusuf Mansur

  • Whatsapp
Penyerahan ayam untuk perayaan Tahun Baru Islam kepada masyarakat Kelurahan Kenanga, Sungailiat, tadi sore. (Foto: Zuesty Novianti)

Rayakan Tahun Baru Islam

SUNGAILIAT – Perayaan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1439 di Kelurahan Kenanga, rencananya akan dimeriahkan dengan ceramah agama oleh Ustad Yusuf Mansur. Selain itu akan ada nganggung Sepintu Sedulang serta beberapa perlombaan yang bersifat khazanah islami.
Pemerintah Kabupaten Bangka juga antusias menyambut tahun baru Islam ini. Bupati Bangka bahkan dengan dana pribadi membagikan 300 ekor ayam kepada masyarakat Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang rutin khusus merayakan pergantian tahun ini. Ada juga bantuan 3 ekor sapi dari Pemkab Bangka.
Penyerahan bantuan ayam potong dari Bupati Bangka ini diwakili oleh Lurah Kenanga, Yudhi Firdausi Putrama dan Ketua Ikebana, Ervawi, Senin (18/9/2017) sore di halaman Kantor Kelurahan Kenanga.
“Kita bantulah, untuk meringankan beban, bentuk apresiasi saya sebagai pemimpin daerah kepada masyarakat, apalagi Muharram ini perayaan besarnya hanya di Kelurahan Kenanga, banyak kaum kerabat, dan masyarakat bakal berkunjung ke Kenanga, jadi kita saling membantu,” ungkap bupati.
Dikatakan bupati, pemberian ayam itu tidak kepada semua masyarakat, namun dipilih berdasarkan kemampuan ekonominya.
“Ya terutama kepada masyarakat yang berekonomi rendah kita bantu. Satu keluarga, satu ayam. Lumayan untuk menambah yang lainnya, sudah didata oleh petugasnya,” kata mantan Sekda Bangka ini.
Ia berharap menghadapi Tahun Baru Hijriah ini, masyarakat Bangka bisa hijrah menjadi manusia yang lebih baik lagi. “Kita hijrah baik secara amaliyah, hijrah secara pemikiran, dan hijrah kemanusiaan bagi kaum muslimin yang ada di penjuru dunia yang harus kita bantu dan doakan,” ungkap Tarmizi.
Selain itu, momen tahun baru Islam merupakan upaya sesama muslim maupun masyarakat lain untuk meningkatkan ukhuway islamiyah dan ajang silahturahmi.
Sementara itu, Haslah (69) warga Kenanga mengucapkan terima kasih atas bantuan Bupati Bangka berupa ayam dan sapi untuk membantu menyambut satu Muharram.
“Alhamdullilah, dapat bantuan dari Pak Bupati, semoga bupati selalu sehat dan memperhatikan masyarakatnya,” katanya. (2nd/1)

Related posts