by

Kelulusan Siswa SMP Diundur

Ety: Ada Perubahan Jadwal dari Pusat

PANGKALPINANG – Pengumuman hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP yang semula diumumkan 23 Mei ini, diundur kemungkinan menjadi tanggal 25 Mei 2018.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Pangkalpinang Eti Fahriaty mengaku pengumuman UNBK berubah dari jadwal sebelumnya, karena ada pemunduran pengumuman dari pemerintah pusat.
Proses penyerahan hasil UN tingkat SMP dimulai dari panitia tingkat pusat ke panitia tingkat provinsi mengalami perubahan dari tanggal 18 Mei 2018 menjadi tanggal 22 Mei 2018. Dengan demikian pengumuman hasil UN juga ikut mengalami perubahan.
Ety mengatakan, meski ada pengunduran jadwal namun dipastikan pengumuman nanti tidak ada kendala. Nantinya, kata Ety akan ada dua pengumuman untuk 3411 siswa SMP sederajat di Pangkalpinang.
“Yakni pengumuman hasil Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK), dan pengumuman kelulusan dari masing-masing sekolah,”ujarnya.
Menurutnya, hasil kelulusan tersebut berdasarkan nilai USBN dan nilai praktik, jadi ini ditentukan sekolah masing-masing.
“Kalau UNBK kami menunggu dari pusat informasinya, belum bisa kami umumkan pasti tanggal pengumumannya (UNBK) karena kami harus terima hasilnya dulu dari provinsi baru menyampaikan ke sekolah-sekolah pengumumannya. Tunggu saja,”jelasnya.
Mengenai ujian sekolah, Eti menjelaskan, pihaknya akan segera menggelar rapat penyampaian hasil USBN ke sekolah-sekolah pada Senin (21/5/2018) hari ini.
Hasil itu kemudian akan diolah kembali oleh sekolah dengan menggabungkan nilai USBN siswa dan nilai praktik guna menentukan kelulusan siswa.
Diakui Ety, nilai ini memang bukan sepenuh penentuan kelulusan namun juga untuk pemetaan kualitas sekolah. Nilai UNBK juga akan dijadikan acuan untuk masuk sekolah jenjang berikutnya. (bum/6)

Comment

BERITA TERBARU