by

Kejari Basel Musnahkan Narkotika Sabu & Ganja


TOBOALI – Kejaksaan Negeri Bangka Selatan melaksanakan pemusnahan barang bukti (BB) berupa narkotika dalam perkara tindak pidana umum yang memiliki status hukum tetap, Selasa (11/12/2018). Barang bukti yang dimusnahkan adalah BB sepanjang tahun 2018 hingga bulan Desember.

Kepala Kejari (Kajari) Basel Safrianto Zuriat Putra mengatakan hanya ada dua jenis narkotika yang dilakukan pemusnahan yaitu sabu-sabu dan ganja dari 13 perkara.

Menurutnya, beberapa waktu lalu Kejari Basel telah melakukan pemusnahan barang bukti jenis sejata tajam.

“Kemarin kami sudah melakukan pemusnahan barang bukti senjata tajam , untuk hari ini BB yang dimusnakan hanya narkotika dengan jenis sabu-sabu dan ganja. Yang dimusnahkan sabu seberat 11,8629 gram dan ganja sebera 180,01 gram,” katanya.

Pemusnahan BB yang dilakukan oleh pihak Kajari Basel itu merupakan kegiatan rutin dan sesuai dengan keputusan hakim yang telah memiliki hukum tetap dan inkrah.

“Dalam putusan perkara dinyatakan bahwa barang bukti harus dimusnahkan, sehingga hari ini kita laksanakan dengan cara dibakar sehingga barang bukti itu tidak dapat digunakan atau dimanfaatkan kembali,” ungkapnya.

Selain itu, Kajari juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya generasi muda untuk menjauhi narkoba, karena selain berbahaya juga merusak generasi bangsa. “Ayo kita jauhi dan perangi narkoba karena bisa merusak generasi kita selanjutnya,” ajak Kajari.

Pemusnahan barang bukti narkoba yang dilaksanakan dihalaman belakang Kejari Bangka Selatan ini disaksikan langsung oleh Kapolsek Toboali AKP Faisal Fatsey, BNN Kabupaten, KBO Sat Res Narkoba Polres Basel dan sejumlah pejabat di lingkungan Kejari Basel.

Sebelumnya, pada Senin (11/12/2018) Kejari Basel memasang stiker di sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat di Simpang Nanas Toboali.

Selain memasang stiker, kegiatan yang langsung dipimpin Kajari Basel ini sekaligus juga memberikan baju kaos bertuliskan Hari Anti Korupsi Internasional yang jatuh pada 9 Desember 2018. “Kami mengajak seluruh elemen untuk menjadi kader anti korupsi dan menyatakan perang terhadap korupsi,” tegas Kajari. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU