Kejari Bangka Tengah Musnahkan Barang Bukti Senilai Ratusan Juta

  • Whatsapp


RAKYATPOS.COM, KOBA – Kejaksaan Negeri Kabupaten Bangka Tengah melakukan pemusnahan barang bukti berupa narkotika dan pidana umum lainnya.

Untuk barang bukti narkotika jenis sabu bila diuangkan nilainya ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Barang bukti dalam amarnya yang dirampas dan dimusnahkan tersebut yakni 17 narkotika jenis sabu seberat 110,81 gram dan pil ekstasi. Sedangkan 5 pidana umum lainnya berupa 1 senjata Air Souf Gun beserta 1 peluru, 1 pisau, pakaian dan sepatu.

Hadir dalam kegiatan itu Kajari Burhanudin, Kapolres AKBP. Slamet Ady Purnomo, perwakilan PN Koba, Asisten III Setda Elly Irsyah, BNK Bangka Tengah Zaidan dan jajaran Kejari Bangka Tengah.

Baca Lainnya

“Barang bukti yang dimusnahkan sudah memperoleh kekuatan hukum tetap atau incrach. Kegiatan ini sebagai komitmen dalam penegakan hukum menyangkut penyalahgunaan barang bukti,” ujar Burhanudin disela-sela pemusnahan barang bukti di Halaman Kantor Kejari Bangka Tengah, Kamis (16/07/2020).

Dikatakannya, kegiatan ini sebagai kelanjutan selaku eksekutor dalam perkara pidana. Yang paling penting adalah perlakuan terkait barang bukti apakah dirampas untuk negara, dikembalikan kepada pemiliknya atau dirampas untuk dimusnahkan.

“Tujuan ini agar barang bukti yang ada ini jangan sampai disalahgunakan lagi. Semoga ada efek jera bagi pelaku setelah ini.
Cara pemusnahan dengan cara dipotong, dihancurkan dan dibakar,” ungkapnya.

Ia menambahkan untuk barang bukti narkotika jenis sabu diperkirakan nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

“Untuk nilai uangnya kita tidak tau berapa harga barang narkotika di pasaran. Tapi, perkiraan kita nilainya mencapai ratusan juta rupah,” tandasnya. (ran).

Related posts