Kedepan Seluruh Ternak Wajib Punya KIT

  • Whatsapp
Kepala DP3 Bangka Selatan (Basel), Suhadi, ketika menyerahkan Kartu Identitas Ternak kepada Peternak Basel. (foto: dedi).

DP3 Basel akan Salurkan 500 KIT

TOBOALI – Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Bangka Selatan akan menyalurkan 500 Kartu Identitas Ternak (KIT). Kartu ini bertujuan untuk mempermudah para peternak dalam mendapatkan pelayanan kesehatan hewan.

Kepala DP3 Basel Suhadi mengungkapkan, Launching sekaligus pemberian pelayanan kesehatan hewan terpadu dilaksanakan secara terpusat di Desa Panca Tunggal Kecamatan Pulau Besar.

Menurutnya, pada tahap pertama ini, rencananya Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Basel menyalurkan sebanyak 500 KIT secara serentak. Demikian dikatakannya, kepada wartawan, Minggu (21/4/2019).

“Untuk tahap pertama ini kartunya kami bagikan untuk 500 ekor sapi. Namun, kedepan rencananya seluruh ternak wajib punya KIT yang kami keluarkan, dan kuotanya akan ditambah secara bertahap sesuai jumlah hewan ternak yang ada di Basel,” katanya, seraya menyebutkan launching kartu identitas ternak dilakukan pada Kamis (18/4/2019) lalu.

Pemberian KIT terhadap Sapi yang ada di daerah itu, dikatakannya, merupakan inovasi yang dilakukan oleh Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Basel, guna mempermudah identifikasi dan memberikan pelayanan kesehatan hewan.

“Manfaat KIT ini adalah untuk mempermudah petugas kesehatan hewan dalam memberikan pelayanan,” ujarnya.

Selain itu, melalui progran ini, dapat mempermudah peternak mengetahui riwayat medis hewan ternak, termasuk kesehatan, status perkawinan umur hewan ternak tersebut, sehingga petugas bisa cepat memberikan saran dan pelayanan ketika ternak tersebut mengalami sakit atau perlu penangan.

Dengan demikian, peternak akan mudah dan cepat mengetahui kondisi ternaknya dan cepat minta bantuan penanganan atas kasus ternaknya.

Tidak hanya itu, ditambahkannya, peternak juga dapat mengetahui kondisi hewan ternak yang dimilikinya dalam keadaan bunting atau tidak.

“Yang jelas kami dari pemerintah akan terus berupaya mempermudah masyarakat peternak mendapatkan pelayanan, khsususnya pemeliharaan hewan ternak yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan para peternak Basel,” pungkas Suhadi. (raw/3)

Related posts