by

Kecamatan di Malang Publikasi Potensi Desa Via Website

KOBA – Sebanyak 33 kecamatan dan ratusan desa di Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur telah memiliki website khusus untuk mempublikasi potensi desa setempat. Tak cuma itu, kehadiran website juga untuk membantu kecamatan dan desa menyampaikan informasi seputar infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan pelayanan lainnya terhadap masyarakat.

“Setiap kecamatan dan desa di Malang memanfaatkan media website untuk mempublikasi potensi desa yang ada. Website sendiri dikelola secara khusus oleh kecamatan dan desa di Malang,” ujar Johan Dwijo, Kasubag Dokumentasi dan Publikasi Kabupaten Malang didampingi Safuan, Kasi Komunikasi Diskominfo Malang disela-sela kunjungan Humas dan Protokol beserta awak media Bangka Tengah pekan kemarin.

Dikatakan Johan, sapaan Johan Dwijo, website tersebut tak sekedar sebagai wadah publikasi, juga sebagai wadah informasi bagi kecamatan dan desa, seperti informasi jalan rusak, pelayanan kesehatan, pendidikan, sampah, dan bentuk pelayanan lainnya disampaikan melalui website.

“Setiap informasi yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat wajib disampaikan ke website. Jadi, setiap ada aspirasi masyarakat secepatnya diketahui oleh camat, kades dan kepala dinas. Jika ada jalan rusak, secepatnya disikapi oleh dinas terkait, atau informasi lainnya, sehingga tidak menunggu lama,” ungkapnya.

Ia menambahkan setiap OPD di Kabupaten Malang ikut membantu mensosialisasikan binaannya masing-masing. Kalau Dinas Pekerjaan Umum, binaannya siapa saja, kemudian Diskominfo demikian dan OPD lainnya.
“Pemberdayaan dari masyarakat luar biasa, bahkan setiap dinas mempublis binaannya masing-masing. Jadi, di Malang saling keterkaitan. Kalau di OPD, pihaknya tidak mengurus yang teknis, tetapi bagian administrasi dan koordinasi. Untuk teknis langsung ditangani oleh kecamatan dan desa,” tuturnya.

Sementara itu, perwakilan Humas dan Protokol Kabupaten Bangka Tengah, Melly mengucapkan terima kasih atas pelayanan dan penerimaan rombongan dari Humas dan Protokol maupun Diskominfo Kabupaten Malang.

Menurutnya, pertemuan dengan Kabupaten Malang pekan kemarin menjadi sebuah pembelajaran baru tentang tata kelola kehumasan dan publikasi baik itu dijenjang OPD maupun tingkat kecamatan dan desa.

“Kita sangat mengapresiasi atas pesatnya kemajuan Kabupaten Malang. Salah satu yang mereka terapkan adalah memanfaatkan website sebagai wadah untuk publikasi yang dikelola langsung oleh kecamatan dan desa di daerah itu,” ujarnya.

Paling tidak katanya, seluruh informasi dan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama di Kabupaten Malang menjadi rujukan dan masukan untuk bisa diterapkan di Kabupaten Bateng.

“Hasil dari Malang ini nanti kita evaluasi kembali, apa saja yang bisa diterapkan di Kabupaten Bateng, karena banyak kesamaan antara Malang dengan Bangka Tengah,” tukasnya.

Hadir dalam kunjungan ke Kabupaten Malang tersebut yakni dua staf Humas dan Protokol Pemkab Bateng beserta 5 awak media yakni Rakyat Pos dan sejumlah media lokal lainnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU