by

Kebersihan Pasar Belinyu Perlu Ditingkatkan

-Citizen News-245 views
BELINYU –  Bupati Bangka H. Tarmizi Saat sangat rajin turun ke lapangan dan melakukan “natak kampung”. Hal ini hampir dilakukannya setiap hari untuk melihat kondisi dan situasi masyarakat di Kabupaten Bangka, baik di pedesaan maupun perkotaan. Bahkan terkadang sering masuk ke dalama kawasan hutan.
“Saya ingin semuanya jelas, dan bisa menjadi kebanggaan bagi kita semuanya,” kata dia , Senin (22/1/18) di Sungailiat.
Orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini menyebutkan, dirinya sempat berkunjung ke Pasar Belinyu, dan terlihat agak kotor karena petugas kebersihannya tidak ada.
“Tolong nanti kepala dinasnya untuk dapat memikirkannya, harus ada petugasnya di kawasan pasar tesebut untuk membersihkan pasar dan lingkungan sekitar. Hal yang sama juga untuk Pasar Kite, terus ditingkatkan tingkat kebersihannya, karena saya sering belanja dan turun langsung,” terangnya.
Diuraikan mantan Sekda Bangka tersebut, mewujudkan perilaku untuk hidup bersih dan sehat merupakan salah satu upaya dalam menggerakan masyarakat Sehat atau Germas.
“Kita yang terpenting itu dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, karena kebersihan itu sebagian dari iman,” ingatnya.
Selain itu, bupati mengatakan untuk ruang terbuka hijau di Kota Belinyu untuk disiapkan karena beberapa waktu yang lalu ada masukan dan saran dari masyarakat agar dapat membangun ruang terbuka hijau di Belinyu.
“Kalau ada RTH kan enak, ini masih banyak yang nongkrong pinggir jalan, di kuburan, dan lainnya, kan gak enak dipandang. Semoga nanti kalau sudah RTH jadi indah, tolong dipikirkan semuanya, termasuk juga jembatan dari Pejem tembus Ke Bintet, dengan darurat,” ingat bupati.
Terkait adipura, beberapa waktu yang lalu juga, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Meinalina mengatakan untuk tahap pantau pertama Adipura telah dilaksanakan dan jika lolos, Kota Sungailiat akan dilakukan pantau kedua dalam tahap verifikasi.
“Yang penting itu kesadaran masyarakatnya mau hidup bersih dan sehat dan menjaga lingkungan, kita pemerintah sifatnya memfasilitasi, yang penting itu peran aktif masyarakatnya,” kata Meinalina. (*)
Dikirim Oleh: Humas Pemkab Bangka
Editor: Agus Hendrayadi

Comment

BERITA TERBARU