Kawanan Curat Komputer PC Diringkus

  • Whatsapp

Tertangkap saat Transaksi Jual Beli

SUNGAILIAT – Dua orang tersangka pencurian ECU (electronic control unit) atau peralatan komputer alat berat eksavator, berhasil di ringkus Satuan Buser Polres Bangka. Kedua tersangka ditangkap saat hendak melakukan transaksi jual beli.
Keduanya yakni DH (23) dan DI (17) warga Kecamatan Belinyu yang berprofesi sebagai helper operator PC/ Eksavator, ditangkap polisi di tempat yang berbeda.
Awalnya anggota Buser Polres Bangka yang dipimpin Kanit Opsnal Polres Bangka Ipda Ekazen, menangkap satu orang tersangka yakni DI di kawasan Simpang Mapur Kecamatan Riau Silip. Diketahui tersangka DI hendak melakukan traksaksi kepada si pembeli komputer PC. Tak menunggu lama, polisi langsung menyergap tersangka yang sedang duduk di atas motor tanpa ada perlawan sedikitpun.
Dari tangan DI, polisi mengamankan satu unit ECU dan melakukan pengembangan. Pengejaran terhadap satu orang tersangka lainnya, DN yang merupakan rekan DI pun digeber hari itu juga. Tak berapa lama, DN dibekuk saat duduk santai di kediamannya di kawasan Belinyu. Dari tangan DN polisi kembali mengamankan satu unit ECU yang disimpan di rumah rekannya.
Menurut kedua tersangka, mereka nekat melakukan aksi pencurian lantaran butuh uang lebih untuk berhura-hura. Bahkan korban merupakan mantan bos mereka. Satu unit komputer PC itu rencananya mau dijual senilai 3,5 juta rupiah.
”Kita ngambil computer PC itu berdua Pak, sekitar pukul 12 malam. Waktu ngambil nggak butuh waktu lama Pak, paling sekitar 30 menit, karena bukanya gampang. Kita kan kerja sebagai helper PC, jadi kita udah tau gimana cara bukanya. Ngambil pertama sekitar satu bulan yang lalu, setelah itu selang sekitar satu minggu kita ngambil lagi. Lokasinya berbeda, tapi pemilik PC nya sama Pak, mantan bos kita dulu,” ungkap DN.
Selain menangkap tersangka dan 2 unit computer PC, polisi mengamankan satu unit sepeda motor Yamaha Vino BN 6358 PE milik tersangka DN yang saat itu digunakan untuk melakukan aksi pencurian.
Kasat Reskrim Polres Bangka AKP. Rio Reza kepada wartawan membenarkan telah berhasil mengamankan 2 orang tersangka pencuri computer PC.
”Iya berkat kerja sama Tim Opsnal, kita berhasil mengamankan dua orang tersangka pencurian Komputer PC. Selain mengamankan tersangka kita juga berhasil mengamankan 2 unit computer PC dan satu sepeda motor. Kini kedua tersangka masih mendekam di sel tahanan Mapolres Bangka. Kedua tersangka dijerat dengan Pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan, ancaman 5 tahun penjara,” ungkap Kasat. (2nd/1)

Related posts