by

Kata Jimmy, Manggar Kental dengan Sikap Saling Menghormati

Jimmy Tjong

9 Oktober, Kota Manggar Berusia 147 Tahun

MANGGAR – Tepat tanggal 9 Oktober 2018, Kota Manggar Belitung Timur, telah memasuki usia ke-147 tahun. Salah satu tokoh masyarakat Tionghoa yang juga Wakil Ketua DPRD Beltim, Jimmy Tjong mengapresiasi kondisi Kota Manggar.

Sejak lama dikenal, Kota Manggar selalu tampil dengan keragaman suku, etnis maupun agama yang berbeda-beda, namun tetap saling melengkapi.

Kata Jimmy, apa yang dia rasakan selama tinggal di Kota Manggar sangat kental dengan sikap saling menghormati dan tolerasi.

“Kerukunan sangat bagus, kalau penilaian dari saya, kehadiran warkop sangat membantu kerukunan. Kalau ada yang mau berbuat tidak baik, pasti sudah diomongin. Orang mau buat jahat, pasti akan dimusuhi orang,” ujar Jimmy saat ditemui RAKYAT POS usai Paripurna Hari Jadi Kota Manggar di DPRD Beltim, Selasa (9/10/2018).

Bagi pria yang telah berusia di atas 60 tahun itu, Kota Manggar terkenal kompak walau berbeda etnis maupun suku. Warung kopi menjadi salah satu pengikat erat hubungan masyarakat di antara perbedaan.

“Harapannya kita selama ini kerukunan sesama warga maupun etnis atau suku kita kompak. Khususnya ada warung kopi menjadi tempat ketemu. Berbaurnya sangat baik, mudah-mudahan bertahan seterusnya. Supaya kita tetap rukun satu dengan lainnya,” harapnya.

Ia juga melihat perkembangan Kota Manggar cukup tertata di berbagai sektor. Salah satu yang masih terus dikembangkan adalah sektor pariwisata sebagai pemikat pelancong dari luar daerah. Menurut Jimmy, penting menyiapkan Kota Manggar sebagai destinasi wisata agar sejajar dengan kawasan wisata lainnya di Kabupaten Belitung.

“Kita do’akan tetap Beltim lebih maju khususnya pariwisatanya. Kalau Tanjungpandan sudah maju, siapa tahu Manggar dapat kecipratan. Perkembangannya sudah sangat maju, dengan ada geopark dan lain-lain akan semakin dikenal. Beltim harus bangun hotel dan pelabuhan. Hotel yang lebih representatif pasti akan maju,” sebut Jimmy. (dny/3)

Comment

BERITA TERBARU