Kasi Intelrem 045/Gaya Hadiri Rakor IDI Babel

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Kasi Intel Korem 045/Gaya, Letkol Inf Saldifa menghadiri Rakor dan Evaluasi dalam rangka Penguatan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang berlangsung di salah satu hotel di Pangkalpinang, Senin (16/09/2019).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bakesbangpol Babel yang dihadiri oleh
Staf Ahli Gubernur Babel Bidang Kemasyarakatan dan SDM Toni Batubara, Kepala Bakesbangpol Babel Tarmin AB dan Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan.

Selain itu, Rakor ini juga dihadiri oleh Peneliti pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syarif Hidayat, perwakilan dari BPS Babel Harjo Teguh Ilmiana serta 25 orang peserta.

Peneliti pada LIPI, Syarif Hidayat memaparkan bahwa sumber data IDI berasal dari dokumen, surat kabar, Focus Group Discussion (FGD) serta wawancara mendalam.

“Adapun komponen Pokja IDI provinsi terdiri dari Sekretariat Provinsi, DPRD Provinsi, Kesbang Linmas, Universitas, LSM/Media, BPS Provinsi, Bappeda Provinsi, Polda dan Kodam,” paparnya.

Sementara itu, dia menambahkan, untuk lingkup kerja IDI provinsi meliputi memberi masukan strategi pemanfaatan IDI, melakukan quality assurance dalam pengumpulan data, terlibat aktif di dalam pelaksanaan pemanfaatan IDI, termasuk membantu proses pendampingan, memberi masukan penyempurnaan indikator dan metodologi IDI, serta terlibat aktif dalam upaya diseminasi IDI di tingkat provinsi. (bis/6)

Related posts