Karnaval HUT ke-74 RI Sukses Hipnotis Masyarakat

  • Whatsapp

Gubernur Apresiasi Semangat Membangun

PANGKALPINANG- Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia (HUT RI) pada 24-25 Agustus 2019 di Kota Pangkalpinang, berlangsung semarak. Masyarakat Babel begitu antusias yang tumpah ruang menyaksikan karnaval di sepanjang rute dan peserta juga semangat menampilkan berbagai kreasi.

Karnaval yang menjadi agenda tahunan ini, ditunggu-tunggu oleh masyarakat dan juga para peserta meskipun dilaksanakan saat cuaca panas terik.

“Karnaval ini membangkitkan semangat membangun, berkarya dan semangat menjaga persaturan kesatuan negara, sekilas kita lihat masyarakat kita dan peserta pawai ini antusias tinggi,” kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, Sabtu (24/8/2019).

Ia juga tak menyangka, bahwa peserta karnaval tahun ini membludak. Lebih dari 300 regu yang ikut berpartisipasi selama dua hari.

“Dan saya lihat kualitasnya pun bertambah, dari cara menyajikan, tema dan me-manage kreasi yang ditampilkan,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Babel ini, juga berkesan dengan apa yang ditampilkan oleh peserta karnaval, salah satunya adalah hafiz cilik dari SD Qur’an Darul Fatah yang membawakan ayat suci Al-Quran, dan gubernur juga ikut mengaji beberapa ayat, serta ia juga melihat beberapa kreasi lainnya yang inovatif dan membangun.

Dari tampilan peserta ini, Erzaldi mengakui bahwa ada makna, masukan dan kritikan dari masyarakat untuk bersama-sama membangun Babel.

Erzaldi berharap, tahun depan pelaksanaan dapat dilaksanakan lebih meriah dan juga mengundang provinsi lain untuk ikut berpartisipasi, dengan kegiatan festival kebangsaan (yang berisi seni dan budaya) dari berbagai provinsi di Indonesia.


Sementara itu,Ketua panitia pelaksana, Tarmin menyebutkan karnaval ini diikuti 162 karnaval jalan kaki dan 181 peserta karnaval kendaraan hias.

“Kita mulai lebih pagi, pukul 09.00 dan pukul 16.52 WIB seluruh peserta sudah start dan finish pada 18.30 WIB,” ujarnya.

Sementara pada hari kedua, diikuti 181 peserta, sepeda hias tingkat pelajar 16 regu, Umum 15 regu, motor hias SMA 7 regu, perguruan tinggi 2 regu, OPD 12 regu, perusahaan 6 regu, umum 35 regu dan mobil hias instansi 41 regu; perusahaan 15 regu dan umum 32 regu.

Karnaval ini, juga dihadiri Wagub Babel, dari Polda Babel dan unsur Muspida lainnya, pejabat eselon II dan lainnya. Uniknya, di area panggung kehormatan, ribuan masyarakat ingin menyaksikan kreasi apa yang ditampilkan oleh peserta karnaval ini.(nov/10)

Related posts