Kapolres Ajak Masyarakat Jadi Polisi di Rumah

  • Whatsapp

Tingkatkan Patroli di Titik Rawan

Bambang Kusnarianto

TOBOALI – Kapolres Bangka Selatan (Basel) AKBP Bambang Kusnarianto mengajak seluruh masyarakat dan elemen di Basel untuk bersinergi menjaga keamanan di wilayah hukum Basel khususnya.

Selain meningkatkan patroli di sejumlah titik rawan di Basel, Bambang juga mengajak masyarakat untuk menjadi polisi di rumah dan keluarganya.

Untuk meminimalisir tindak pidana pencurian, Ia mengimbau agar masyarakat dapat memarkirkan kendaraannya dalam kondisi terkunci stang dan di tempat yang aman.

Selain itu, jika meninggalkan rumah, masyarakat dapat memastikan semua pintu dalam kondisi terkunci dan menitipkan pesan kepada tetangga untuk sama-sama menjaga keamanan dari tindak pidana pencurian.

Di sisi lain, kata Bambang, Polres Basel bersama-sama elemen masyarakat akan memasang 15 spanduk di seluruh kecamatan di Basel. Spanduk berisi pesan agar masyarakat bersama-sama dapat menjaga keamanan dari tindak pidana pencurian.

“Langkah pre-emtif, kita mengajak elemen masyarakat se-Basel bersama-sama memasang 15 spanduk se Basel, isinya imbauan agar bersama-sama menjaga keamanan dari kerawanan pencurian. Kita juga melakukan patroli di wilayah rawan serta jam rawan sebagai langkah preventif. Selain patroli kita tingkatkan, masyarakat juga kita harapkan dapat menjadi polisi di keluarganya, kunci sepeda motor harus dilepas bila di parkir, dan diberikan kunci tambahan, rumah jika ditinggalkan dalam kondisi terkunci, titipkan pesan ke tetangga bila meninggalkan rumah dan langkah refresif. Kita sudah menangkap pelaku curat dan curanmor sepekan lalu,” tegasnya kepada wartawan Senin (3/4/2017).

Selain fokus menekan seluruh tindak kriminal di Basel, Ia juga berkonsentrasi menekan angka tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

“Kita bangun komitmen bersama masyarakat dan bersama-sama menjaga kerawanan pencurian di Basel, tidak hanya tindak pidana pencurian saja, tetapi meminimalisir segala bentuk tindak pidana,” tandasnya.

Bambang menambahkan, sinergitas menjaga keamanan harus dilakukan semua elemen mulai dari keamanan pihak kepolisian hingga keamanan lingkungan masyarakat seperti siskamling. “Mari bersama-sama bersinergi meminimalisir tindak pidana pencurian, menciptakan situasi kondusif,” pungkasnya. (raw/3).

Related posts