by

Kapolda Telah Siapkan Langkah Strategis

Kapolda Babel Brigjen Pol Istiono foto bersama usai memaparkan situasi pengamanan pemilu dan Kamtibmas di wilayah Bangka Tengah dalam kegiatan silaturahmi dengan masyarakat Desa Lubuk Simpang di Masjid At-Taubah Lubuk Simpang, Kamis (11/04/2019).(foto: tamimi).

Pengamanan Pemilu Serentak di Bateng

KOBA – Kapolda Babel Brigjen Polisi Istiono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan langkah strategis pengamanan Pemilu Serentak tahun 2019 di wilayah hukum Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

Langkah strategis tersebut, adalah prefentif, preventif dan refresif. Untuk langkah prefentif yakni bersinergi dengan Babinkamtibmas dan Babinsa termasuk Kepala Desa untuk menyentuh masyarakat yang paling ujung termasuk masyarakat nelayan, masyarakat kepulauan dan masyarakat perkebunan kita sentuh dengan kegiatan sosialisasi pemilu yang aman dan damai.

Selanjutnya, langkah preventif adalah gerakan bersama TNI POLRI yakni kegiatan patroli, kemudian pelatihan-pelatihan termasuk program sespam kota termasuk langkah-langkah pendeteksi dini diwilayah konflik.

“Kami sudah siapkan langkah-langkah strategis untuk mengamankan pemilu supaya berjalan secara lancar dan kondusif,” ujar Kapolda Babel Brigjen Istiono disela-sela kunjungannya di Masjid At-Taubah Lubuk Simpang, Bangka Tengah, Kamis (11/04/2019).

Lebih lanjut dikatakan Kapolda, titik rawan sudah dipetakan, yakni rawan terhadap konflik sosial, rawan bencana dan rawan sosial ditempat lainnya, seperti di tingkat TPS pun sudah dipetakan.

“Polisi hadir untuk menciptakan kedamaian, dan meminta masyarakat tidak perlu khawatir kemungkinan konflik yang mengancam Kamtibmas. Masyarakat jangan khawatir, pihak Polri dan TNI siap hadir menyelesaikan persoalan yang muncul di masyarakat baik secara fisik maupun psikis,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, sebagai Kapolda Babel harus bertangungjawab terhadap situasi kamtibmas dalam Pemilu Serentak pada 17 April 2019. Tetapi, rasa aman itu harus diusahakan dan diupayakan bersama. Hal itu merupakan tugas bersama, kendati aparat keamanan secara institusi punya tanggung jawab tugas masing-masing.

“Saya mengajak masyarakat untuk datang ke TPS dengan prinsip 3 C yaitu cepat datang, cepat coblos dan cepat selesai. Sama-sama kita ciptakan situasi yang aman dan kondusif, karena daerah yang aman tentu berimbas kepada program pemerintah dan perekonomian masyarakat,” tukas. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU