Kapolda Babel: Sispamkota Polres Bateng untuk Mengetahui Kesiapan Personil dan Alat Pendukung Pilkada

  • Whatsapp


RAKYATPOS.COM, KOBA – Kapolda Kapulauan Bangka Belitung Irjen Pol Drs. Anang Syarif Hidayat mengatakan simulasi Sispamkota yang dilakukan Jajaran Polres Bangka Tengah bertujuan mengetahui seberapa jauh kesiapan personil dan alat pendukung dalam melakukan pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Bangka Tengah.

“Kegiatan ini untuk mengetahui kesiapan personilnya dan alat pendukung lainnya dalam menghadapi berbagai situasi Kamtibmas, mulai dari situasi yang aman, landai serta situasi terparah. Ini harus kita pragakan agar mereka tidak salah apabila menghadapi hal-hal seperti itu, semua itu dipragakan dalam simulasi. Selain untuk melatih personil, juga menunjukkan kepada publik bagaimana langkah-langkah Polri dalam mengamankan Pilkada,” katanya disela-sela Simulasi Sispamkota dihalaman Kantor Bupati Bateng, Senin (14/09/2020).

Dalam simulasi Sispamkota tersebut lanjutnya masih terdapat beberapa kekurangan yang akan segera diperbaiki pihaknya.

“Masih ada sedikit kekurangan dan akan segera diperbaiki, sehingga dalam pelaksanaannya nanti semua menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Baca Lainnya

Jendral Bintang Dua itu mengatakan, untuk pengamanan di setiap TPS, pihak Polres sudah membagi dan melakukan pemetaan daerah-daerah TPS mana saja yang dianggap rawan dan kurang rawan.

“Kapolres sudah membagi daerah-daerah mana saja yang TPS nya, rawan, sangat rawan atau bahkan tidak rawan. Semua sudah dipetakan dan sistem pengamanannya juga berbeda. Berapa kekuatan Polri dan Linmas serta kekuatan pendukung lainnya, semua itu bukan karena kerawanan permasalahan politik saja, akan tetapi daerah itu berada di wilayah yang posisinya sangat jauh,” tuturnya.

Ia berharap, pelaksanaan Pilkada Bangka Tengah di tengah pandemi Covid-19 ini situasinya tetap kondusif dan tidak ada gesekan yang menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

“Pada pelaksanaan pencoblosan di TPS nanti, masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan, agar Pilkada ini tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19, dan situasi Kamtibmas tetap terjaga dengan baik, sehingga situasinya kondusif,” tandasnya. (ran).

Related posts