by

Kantor KPU Belitung “Diserang” Massa

-Belitong-80 views
Kantor KPU Kabupaten Belitung “diserang” massa. Hingga akhirnya polisi melakukan tindakan terhadap demonstran tersebut. Hal itu, merupakan gambaran Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), di Gedung Nasional, Belitung, Selasa (13/02/18).(foto dny).

Simulasi Sistem Pengamanan Kota

TANJUNGPANDAN – Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung “diserang” massa. Hingga akhirnya polisi melakukan tindakan terhadap demonstran tersebut. Hal itu, merupakan gambaran Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), di Gedung Nasional, Belitung, Selasa (13/02/18).

Simulasi ini diikuti ratusan personil dari dari enam instansi di Kabupaten Belitung, yakni Polres Belitung, Brimob Polda Babel, Kodim 0414 Belitung, Lanud HAS Hanandjoeddin, TNI AL dan Pol PP Kabupaten Belitung.

Dalam simulasi ini, menceritakan tentang adanya warga yang tidak dapat mencoblos saat mendatangi Tempat Pengumutan Suara (TPS). Setelah itu, terjadilah perdebatan hingga akhirnya melakukan penyerangan ke Kantor KPU.

Ratusan anggota gabungan siap siaga membubarkan kerumunan warga. Bahkan, Brimob sempat mengeluarkan water canon dan gas air mata untuk membubarkan demonstran ini. Kegiatan tersebut juga disaksikan para pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Belitung.

Asisten Setda Belitung Mirang Uganda mengaku takjub dengan adanya simulasi ini. Menurutnya, apa yang dilakukan seluruh intansi pengamanan di Belitung dalam simulasi, merupakan bagian dari kesiapan mereka mengamankan pemilu.

“Yang kita lihat merupakan gambaran sistem pengamanan saat pilkada. Saya berharap, Belitung tetap aman mulai dari masa kampanye, pencoblosan hingga penghitungan suara,” kata Mirang, kepada Rakyat Pos.

Dirinya mengaku sudah berkoordinasi dengan unsur TNI Polri dalam mengamankan ini. Beberapa lokasi rawan di Kabupaten Belitung terus dilakukan pemantauan oleh Inteljen masing-masing intansi.

“Intinya kita siap menggelar pesta demokrasi ini. Kami berharap, pemilu di Belitung dapat berjalan aman damai lancar, hingga penetapan pemenang Pilkada Belitung dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih,” imbuh Mirang Uganda. (Dodi/3)

Comment

BERITA TERBARU