Kamar Terbakar, Mess BI Nyaris Ludes

  • Whatsapp
Kamar milik Diana di mess BI Perwakilan Babel menyisakan puing bekas kebakaran. Kamar ini terbakar diduga akibat korsleting listrik pada AC. (Foto: Dwi Sadmoko)

Diduga Korsleting Listrik AC
Saksi Dengar Ledakan Kecil

PANGKALPINANG – Sebuah kamar yang terletak di Mess Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung di bilangan Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pangkalpinang, terbakar dilalap si jago merah, Selasa siang (5/9/2017).
Peristiwa ini diketahui pertama kali oleh Andra, petugas kebersihan mess tersebut pada pukul 11.00 WIB. Awalnya Andra mendengar ledakan kecil sebanyak 2 kali dan asap mengepul keluar dari kamar yang dihuni Intan pegawai Bank Indonesia.
Mengetahui hal tersebut Andra melaporkan ke pos satpam BI dan pihak keamanan langsung memadamkan api dengan APAR (Alat Pemadam Api Ringan).
Sayangnya usaha memadamkan api tidak berhasil. Lalu pihak BI langsung melaporkan kejadian kebakaran ke pihak Dinas Kebersihan dan Kebakaran Kota Pangkalpinang.
Pantauan wartawan harian ini sebanyak 3 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) diturunkan untuk memadamkan api. Beruntung api bisa dipadamkan sehingga tidak menjalar ke ruangan lainnya.
Sampai berita ini diturunkan belum ada keterangan dari pihak BI terkait peristiwa kebakaran ini. Namun diduga penyebab kebakaran adalah arus pendek listrik pada AC yang terpasang di kamar tersebut.

Read More

*Belukar Ludes
Terpisah, kebakaran juga terjadi di lahan kosong yang terletak di Jalan Kolong Bravo (samping RS Siloam) Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, pada hari yang sama.
Api yang diketahui membakar semak belukar di tepi Jalan Kolong Bravo, baru bisa dipadamkan setelah petugas Damkar menurunkan 3 mobil pemadam kebakaran.
Kabid Pemadam Kebakaran, Guntur Sutopo mengatakan, mengetahui kejadian kebakaran belukar itu melalui laporan Satpam RS Siloam.
“Mendapat laporan adanya kebakaran lahan, kami dengan kekuatan 3 unit mobil pemadam dan 12 personil langsung memadamkan api, dan alhamdulillah selama 15 menit api bisa dipadamkan,” jelasnya.
Dikatakan Guntur, diduga api berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan hingga membakar semak-semak di pinggir Jalan Kolong Bravo. Dalam memadamkan api, petugas Damkar dibantu anggota Polsek Pangkalan Baru. (das/6)

Related posts