Kalau Berdagang jangan Sembarang Buang Sampah

  • Whatsapp
Gubernur Babel menunjuk sampah-sampah plastik bekas makanan yang dibuang sembarangan di dekat warung makanan para pedagang, yang berada tak jauh dari Lapangan Bola Parit Lalang, Pangkalpinang. (foto: istimewa/sen).

PANGKALPINANG – Para Pedagang makanan diihimbau untuk turut serta menjaga kebersihan dengan tidak sembarangan membuang sampah atau bekas tempat makanan.

“Kalau berdagang jangan sembarangan buang sampah, dan sampah yang ada jangan dibakar, tapi dikumpulkan untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah,” tegas Gubernur saat menyambangi warung makanan kecil yang berada disekitar Lapangan Sepak Bola Aroma Parit Lalang, Kecamatan Rangkui, Kota Pangkalpinang, Sabtu (9/11/2019) sore.

Sembari membeli dan menyicipi makanan para Pedagang di lokasi Lapangan Bola Parit Lalang, Gubernur menekankan agar para Pedagang ikut menjaga kebersihan kawasan Lapangan Sepak Bola yang menjadi kebanggaan masyarakat Kelurahan Parit Lalang tersebut.

Dijelaskan Gubernur, manfaat menjaga kebersihan lingkungan adalah bagian dari iman, dan itu salah satu hadits yang harus dijadikan pedoman oleh umat islam, dimana jika ingin beriman dia juga harus memelihara kebersihan.

“Lingkungan yang bersih merupakan dambaan semua warga masyarakat. Dengan lingkungan bersih, kita dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan aman dan nyaman,” ujar Gubernur.

Gubernur menyebutkan, kebersihan memiliki lima manfaat positif, diantaranya Pertama, Terhindar dari Ancaman Banjir. Dimana sudah diketahui semua, bahwa banjir adalah salah satu dampak buruk dari lingkungan yang tidak bersih.

Kedua, lanjut Gubernur, terhindar dari Penyakit Menular. Penyakit menular dampak lingkungan kotor adalah DBD, diare, dan tipes. Ketiga, lingkungan menjadi lebih rapi dan nyaman di tempati. Keempat, meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani. Kelima, memberi kerukunan antar tentangga.

Usai berdialog ringan dengan para Pedagang makanan, Gubernur didampingi istri, Melati Erzaldi, menyaksikan jalannya Pertandingan Sepak Bola antara Kesebelasan Pemprov Babel dengan Kesebelasan Korta FC di Lapangan Sepak Bola Aroma Parit Lalang, yang hasil akhirnya dimenangkan Kesebelasan Pemprov Babel dengan skor 2 – 0.

Dari Lapangan Sepak Bola Parit Lalang, Erzaldi bersama istri menutup kegiatannya di Sabtu sore, dengan meninjau sekaligus menikmati suasana sore di simpang empat Semabung, tepatnya  di area trotoar yang baru selesai dibangun Pemprov Babel. (sentosa/rell/3).

Related posts