Kadiv PAS Berikan Bimtek di Lapas Tanjungpandan

  • Whatsapp

TANJUNGPANDAN – Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kantor Wilayah Kementrian Hukum & HAM Babel Maulidi Hilal, memberikan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Terkait Satuan Operasional Kepatuhan Internal (SATOPS PATNAL) dan Materi Keprotokolan bagi jajaran Petugas Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

Bimbingan Satops Patnal yang digelar kemarin, bertujuan untuk pencegahan, penindakan gangguan keamanan dan ketertiban serta perbaikan seluruh aspek pelaksanaan tugas pemasyarakatan meliputi fungsi pembinaan petugas dan peningkatan layanan masyarakat.

“Selama ini, Satgas Keamanan dan Ketertiban (SATGAS KAMTIB) hanya melaksanakan tugas pencegahan dan penindakan gangguan keamanan yang terbatas pada ruang lingkup keamanan statis, dan belum mencakup potensi gangguan keamanan yang bersifat dinamis,” kata Maulidi Bilal kepada Rakyat Pos.

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS07.0T.02.02 Tahun 2019 telah diubah menjadi Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan yang disingkat menjadi SATOPS PATNAL.

“Kini sudah dibentuk pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kantor Wilayah, Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara,” jelasnya.

Disampaikan olehnya, bahwa keprotokolan merupakan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata pengormatan.

“Ini sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan atau kedudukannya dalam negara, pemerintah, atau masyarakat,” ucapnya.

“Hal tersebut sesuai dengan Permenkumham Nomor 31 Tahun 2018 tentang Keprotokolan di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI,” sambungnya.

Disamping itu, JFU Divisi PAS Sudi Hastuti mengatakan bahwa fungsi dan peran protokol sangatlah penting bagi terselenggaranya suatu kegiatan.

“Keberadaan protokol sangat dibutuhkan pada berbagai kegiatan seperti acara resmi, pertemuan resmi, kunjungan kerja, audiensi dan penerimaan tamu ataupun acara perjamuan,” katanya.

Selain itu, hal ini juga bisa dilakukan dalam kegiatan kantor lainnya seperti lokakarya, workshop. Dalam kesempatan tersebut Sudi mempraktekkan olah vokal sebagai seorang MC. Bagaimana membuat suasana menjadi menarik dan berbagi pengalaman dirinya sebagai MC. (dodi/3)

Related posts