Kiri Sayap
kanan Sayap Kategori
Dibawah Menu

Kadis DKPUS Babel Pantau Pelaksanaan Pilkada di Enam Desa Simpang Katis

RAKYATPOS.COM, SIMPANG KATIS – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKPUS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Asyraf Suryadin turut memantau secara langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah.

Pemantauan terhadap pelaksanaan Pilkada, Rabu (9/12/2020), dilakukan di enam Tempat Pemungutan Suara (TPS)  yang ada di Enam Desa, Kecamatan Simpang Katis, Bangka Tengah.

TPS pertama yang dikunjungi Kadis DKPUS Babel adalah TPS 03 Desa Katis. Di desa tersebut, Kadis DKPUS disambut Ketua kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) TPS 03, Mashur.

Ketua KPPS 03 kepada Kadis DKPUS menyebutkan, hingga kurang lebih pukul  11.30 Wib dari 287 pemilih, yang datang menyalurkan aspirasinya baru 250 pemilih.

Pengawas Desa Katis, Aryadi menambahkan, sejak pagi hingga menjelang siang, pelaksanaan Pilkada di TPS 03 dan TPS lainnya di Desa Katis, berjalan lancar tanpa kendala, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dari TPS 03, Kadis DKPUS Babel Asyraf Suryadin melanjutkan pemantauan ke TPS 03 Desa Simpang Katis, Kecamatan Simpang Katis. Di TPS tersebut, sampai pukul 11.47 Wib dari 263 daftar pemilih tetap, yang sudah menyalurkan hak suaranya sebanyak 203 orang pemilih.

Jupriadi selaku Ketua KPPS TPS Desa Simpang Katis yang menerima kedatangan Kadis DKPUS Babel, mengatakan, dalam pelaksanaan Pilkada kali ini, pihaknya menerapkan secara ketat protocol kesehatan, baik kepada petugas itu sendiri maupun warga pemilih yang datang ke TPS.

“Sebelum menyalurkan hak suaranya, pemilih kami wajibkan mencuci tangan, periksa suhu tubuh, memakai masker, menjaga jarak dan mengenakan sarung tangan plastic yang telah disediakan petugas,” ujarnya.

Selesai ddi TPS 03 Desa Simpang Katis, Asyraf memantau TPS 02 Desa Beruas, Kecamatan Simpang Katis. Di TPS itu, Asyraf diterima Ketua KPPS TPS 02 Riswan.

Sama seperti TPS sebelumnya, di TPS  02 Asyraf Suryadin Kadis DKPUS Babel menanyakan hal serupa, berkenaan dengan jumlah DPT, pemilih yang telah menyalurkan hak suaranya, protocol kesehatan, dan keamanan.

Kepada Kadis DKPUS Ketua KPPS TPS 02 Desa Berus, Riswan menyebutkan, DPT di TPS 02 sebanyak 350 pemilih. Hingga menjelang lebih kurang 1 jam batas berakhirnya penyoblosan, pemilih yang datang baru mencapai 263 pemilih.

Pj Kepala Desa Beruas, Tomy Arianto yang disambangi Kadis DKPUS Babel ke kantornya mengatakan, pelaksanaan Pilkada di Desa yang dipimpinnya, berjalan aman dan lancar.

Kadis DKPUS Babel meneruskan pemantauan ke TPS 05 Desa Teru, Kecamatan Simpang Katis. Hasil wawancara Kadis DKPUS ke Ketua KPPS TPS 05, didapati jumlah pemilih yang masuk DPT sebanyak 343 pemilih.

Sementara di TPS 02 Desa Pasir Garam, Kecamatan Simpang Katis, jumlah pemilih sesuai DPT sebanyak 430 pemilih.

Munzilin selaku Kepala Desa Pasir Garam mengatakan, hingga penghitungan suara, kondisi berjalan aman dan lancar.

Sedangkan di TPS 01 Desa Pedindang, Kecamatan Simpang Katis, dari hasil pemantauan Kadis DKPUS Babel, jumlah pemilih di TPS 01 mencapai 313 orang, yang memilih sesuai DPT sebanyak 217 orang, dan memilih di luar DPT sebanyak 3 orang.

Asyraf usai pemantauan mengucapkan syukur Alhamdulillah, karena dari hasil pemantauan dirinya, pelaksanaan Pilkada di enam TPS dari enam Desa tersebut, telah berjalan sesuai harapan.

“Kita bersyukur, karena jumlah pemilih yang datang rata-rata di atas 75 persen. Kondisi pelaksanaan berjalan aman dan lancar. Tak kalah pentingnya lagi, pelaksanaan Pilkada berlangsung dengan mematuhi protocol kesehatan. Mudah-mudahan kondisi ini bisa bertahan hingga terpilih dan dilantiknya Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang baru,”  harap Asyraf.

Pemantauan ini dilakukan, kata Asyraf, berdasarkan instruksi Gubernur Babel Erzaldi Rosman, guna mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada Serentak atau Pemilu Serentak Tahun 2020 di empat Kabupaten di Babel.(rel/ahmad).

Diatas Footer
Light Dark