Kades Basel Disarankan Segera Tindaklanjuti Pemilihan BPD

  • Whatsapp

TOBOALI – Sekitar 5 bulan lagi, sebanyak 49 desa di wilayah Bangka Selatan akan melakukan pengisian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masa Bakti 2019 – 2025. Dan terdapat 1 desa yang tidak melaksanakan pengisian Anggota BPD yaitu Desa Delas Kecamatan Air Gegas.

Untuk itu, Komisi I DPRD Bangka Selatan menyarankan kepada seluruh kepala desa di Bangka Selatan agar menindaklanjuti surat dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat Desa No : 140/40/DSPPPAPMD/2019 tentang permintaan data masa keanggotaan BPD serta pelaksanaan Pemilihan Anggota BPD tahun 2019 – 2025 secepatnya.

Demikian dikatakan Sekretaris Komisi I DRPD Basel Samsir kepada wartawan Jumat (3/5/2019). Menurutnya, hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah No 6 Tahun 2015 tentang Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) pasal 8 ayat ( 1 ) huruf a bahwa pembentukan panitia pengisian Anggota BPD ditetapkan 6 bulan sebelum berakhirnya masa jabatan Anggota BPD.

Namun, sebelum pembentukan Panitia Pengisian Anggota BPD, Kepala Desa harus mengadakan rapat bersama dengan BPD, perangkat desa, pengurus lembaga kemasyarakatan desa dan tokoh masyarakat untuk menentukan dan memilih salah satu alternatif mekanisme proses pengisian Anggota BPD tersebut apakah melalui mekanisme Pemilihan Langsung atau dengan Musyawarah sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 9 ayat ( 1 ) dan ayat ( 2 ), dimana hasilnya dari rapat tersebut dilaporkan ke Bupati melalui Camat.

Selanjutnya, kata dia, panitia diberikan waktu paling lambat 30 hari mengajukan perencanaan biaya pemilhan untuk meminta persetujuan dengan Bupati. Pada Anggaran Tahun 2019 sudah ditetapkan alokasi anggaran untuk proses pengisian Anggota BPD untuk 49 desa rata – rata 50 jutaan rupiah per desa dengan jumlah bervariasi tergantung dari sedikit banyaknya jumlah penduduk dan letak geografis dan topografi desanya dengan total anggaran kurang lebih 2,5 miliar rupiah.

“Proses pemilihan ini dilakukan 2 tahapan, yaitu memilih 1 keterwakilan perempuan dan memilih keterwakilan wilayah secara proporsional berdasaran distribusi sebaran penduduk berdasarkan wilayah pemilhan berbasiskan dusun atau RT yang berpedoman kepada jumlah penduduk setiap wilayah pemilhan atau Dusun. Hal ini dilakukan dengan pembagian jumlah penduduk setiap wilayah pemilihan dibagi jumlah total penduduk satu desa dikalikan dengan jumlah Anggota BPD maksimal satu desa tersebut. Jumlah Wilayah pemilhan juga ditentukan oleh Kepala Desa saat musyawarah penentuan mekanisme yang dipilih,” jelasnya.

Komisi I menyarankan kepada Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa secepatnya berkoordinasi dengan Camat untuk melakukan supervisi terhadap proses pengisian Anggota BPD tersebut agar berjalan lancar dan sukses.

“Berdasarkan peraturan yang sudah ditetapkan dimana Anggota BPD sudah harus ditetapkan paling lambat 3 hari setelah berakhirnya masa bakti Anggota BPD sejak diterbitkannya surat keputusan oleh panitia Pemgisian Anggota BPD. Semoga dalam proses pengisian Anggota BPD di 49 desa ini, melahirkan dan terpilih Anggota BPD yang berkualitas memiliki Kapasitas dan Kapabilitas, dapat bersinergi dengan Kepala Desa beserta perangkat desa dalam menbangun desanya masing- masing yang ada di wilayah Basel,” pungkas politisi PKS ini. (raw/3)

Related posts