by

Justiar Titip Harapan Agar Calhaj Doakan Basel

Bupati Bangka Selatan (Basel) Justiar Noer didamping Ketua TP PKK Basel Ekawati, foto bersama ibu-ibu calon jemaah haji Basel Tahun 2018. (foto: dedi).

Lepas 99 Jemaah Calon Haji Basel

TOBOALI – Bupati Bangka Selatan (Basel) Justiar mengungkapkan secara resmi melepas sebanyak 99 jamaah calon haji Kabupaten Bangka Selatan bertempat di Balai Daerah, Jumat (13/7/2018).

Justiar mengungkapkan, jamaah calon haji (Calhaj) ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridho Allah SWT.

“Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam, diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya, baik segi ekonomi dan kesehatan baik fisik maupun mental, disamping itu harus memenuhi persyaratan baik syarat dalam ketentuan syariat maupun syarat yang ditetapkan pemerintah,” ungkapnya.

Bupati menuturkan, ibadah haji yang dilaksanakan hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku. “Tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara, para calon haji hendaknya memahami hakikat ibadah haji, ibadah secara total bukan hanya ibadah yang melibatka fisik semata seperti tawaf dan sa’i. Tetapi juga ibadah batin yaitu wukuf dan kesemua ibadah itu berakhir pada kontrak kita sebagai makhluk kepada Allah sang pencipta untuk berhenti dan meninggalkan segala sifat dan tabi’at yang tidak baik yang pernah kita kerjakan,” imbuhnya.

Justiar juga menitipkan harapan kepada jamaah calon haji agar senantiasa mendoakan Bangka Selatan menjadi negeri maju, mandiri, sejahtera dan berdaya saing dapat terwujud.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Bangka Selatan Syarifudin mengungkapkan sebanyak 99 jamaah calon haji Basel terdiri dari 52 laki-laki dan 47 perempuan. Para jamaah akan berangkat menuju Palembang pada 26 Juli mendatang.

Para jamaah Basel akan berangkat pada kelompok terbang 7 dan 8. Jamaah Basel juga terdapat mutasi 2 jamaah dari Bangka dan 2 jamaah dari Garut Jawa Barat. (raw/3).

Comment

BERITA TERBARU