Justiar Harap Kades Bersinergi Bangun Basel

  • Whatsapp
Bupati foto bersama anggota Apdesi Kabupaten Bangka Selatan disela-sela pembukaan Rakor tahun 2020 di Desa Airbara, Kecamatan Airgegas. (foto: dedy)

AIRGEGAS – Asosisasi Pemeritahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menggelar rapat koordinasi (Rakor) tahun 2020 di Desa Airbara, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bsel, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kemarin.

Bupati Basel Justiar Noer yang membuka Rakor tersebut berharap seluruh kades dan pemerintahan desa terus bersinergi demi membangun Basel. Ia berharap rencana pembangunan desa yang dituangkan dalam RPJMDes harus selaras dengan RPJMD Basel.

Read More

“Pembangunan desa harus selaras dengan pembangunan ke tingkat kecamatan maupun kabupaten, sehingga Visi Misi daerah tercapai. Mari kita bersama – sama mewujudkan Basel Mandiri, Maju, Sejahtera dan Berdaya Saing,” kata Justiar.

Kapolres Basel AKBP Ferdinand Suwarji juga berharap para kades terus menjaga situasi kamtibmas dengan mengaktifkan poskamling. Selain itu, desa diharapkan juga dapat mendeteksi daerah rawan terjadinya kriminal lebih dini.

“Mari bersinergi Pemdes dengan Kepolisian untuk menjaga kamtibmas agar tetap kondusif, karena tanpa sinergisitas dengan seluruh stakeholder termasuk Pemdes, pengamanan yang dilakukan kepolisian akan terasa kurang optimal,” ujarnya.

Ketua Apdesi Basel, A Basahir mengharapkan seluruh kades untuk terus menjaga kekompakan guna mewujudkan desa Basel yang selaras dengan visi misi Bangka Selatan.

Ia juga mengimbau agar kades mengikuti aturan dalam penggunaan anggaran desa. “Ikuti aturan APBDes dengan benar, jangan takut dengan masyarakat, tapi takutlah dengan aturan,” tegas Basahir.

Terpisah, Kajari Basel Safrianto mengatakan, tahun lalu Kejari MoU dengan 50 Pemdes se Basel. Hasilnya, 29 desa telah melakukan pendampingan pembangunan desa bersama Kejari Basel.

“Kita melakukan fungsi pencegahan, jika tahun 2018 ada 2 kasus yang melibatkan desa, maka tahun 2019 nihil kasus, fungsi pencegahan dilakukan optimal, kita ingin Kejari menjadi institusi yang dekat dengan masyarakat,” kata Safrianto.

Turut hadir pada rakor tersebut, Kadis DSP3APMD, Herman, Camat Airgegas, Yon Salakari. (raw/3)

Related posts