Justiar Ajak Masyarakat Bangkitkan Prestasi Olahraga Basel

  • Whatsapp

Flamboyan & Top Fotokopi Juara I

TOBOALI – Bupati Bangka Selatan (Basel) Justiar Noer melalui Pj Sekda Basel Achmad Ansyori mengajak seluruh masyarakat membangkitkan prestasi olahraga Bangka Selatan ke tingkat provinsi, nasional hingga internasional.

Dia mengapresiasi antusias para peserta Open Turnamen Volly Ball Bupati Cup I di Komplek Sport Center Junjung Besaoh yang digelar sejak Selasa (1/10/2019) hingga grand final pada Rabu (23/10/2019).

Selain itu, antusias para penonton yang terus memadati jalannya turnamen ini menjadi apresiasi khusus. Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan akan mengembangkan sport tourism atau olahraga yang dapat menopang pariwisata Bangka Selatan.

Di sisi lain, Justiar mengungkapkan Pemkab Basel sedang mempersiapkan agenda Pekan Olahraga Pelajar tingkat Provinsi Babel yang akan digelar di Bangka Selatan tahun 2020 mendatang.

“Kita sedang mempersiapkan agenda POPDA Provinsi Babel, karena akan banyak masyarakat yang hadir ke Bangka Selatan mencapai 1500-an atlet, pelatih dan official, selain persiapan tempat, sarpras dan tentu prestasi yang harus kita tingkatkan,” imbuhnya.

Olahraga voli merupakan salah satu olahraga unggulan di Bangka Selatan dan terbukti prestasinya yang sudah membawa atlet Basel melaju ke tingkat nasional di ajang Porwil atau Pra PON.

Guna meningkatkan prestasi, Pemkab Basel, lanjut dia, terus berupaya menyiapkan sarana dan prasarana mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa serta memberikan bantuan hibah ke KONI Basel.

Justiar juga berharap agar cabor menyiapkan tenaga keolahragaan yang berkompetensi standar guna meningkatkan manajemen tata kelola olahraga yang profesional dan modern.

“Kompetisi ini adalah agenda yang sangat penting guna menyiapkan bibit-bibit atlet Basel yang mampu mengharumkan nama Bangka Selatan,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Basel, Edy Junaidi mengatakan turnamen ini sekaligus bentuk penjaringan untuk persiapan pada ajang Porprov di Bangka Barat pada 2021 mendatang.

Menurut Edy, cabang olah raga voli merupakan salah satu cabor andalan Bangka Selatan yang telah mendulang prestasi yang gemilang.

Bahkan menjelang Pra PON di Bengkulu sebanyak 8 atlet Basel akan diturunkan mewakili Bangka Belitung. “Di Porprov tahun lalu, cabor voli berhasil mendulang prestasi terbaik baik putri maupun putri,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan, Norman Adjis para pemenang akan mendapatkan total bonus masing-masing putra dan putri Rp 15 juta. Selain itu, para pemain terbaik serta tim terbaik akan mendapatkan bonus dana pembinaan dari panitia.

Open Turnamen yang mengambil tema “Membangun Olahraga yang Berdaya Saing Menuju Basel Juara” ini diikuti sebanyak 60 tim yang terdiri dari 40 tim putra dan 20 tim putri.

Pada grand final Open Turnamen Volley Ball Bupati Basel Cup l, pertandingan tim putra Top Fotocopy A melawan Bolot dimenangkan oleh Top Fotocopy.

Sedangkan Tim Putri Putri Nemo (Bencah) menghadapi Flamboyan (Jelutung) dimenangkan oleh Flamboyan. Pada grand final disaksikan ribuan penonton dan turut dimeriahkan dengan penampilan artis Fiko KDI. (raw/10)

Related posts