Jurnalis Basel Studi Kemitraan Media ke Batam

  • Whatsapp

TOBOALI – Kelompok Kerja Jurnalis Bangka Selatan (KKJ Basel) melakukan kunjungan ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam, Kamis (24/10/2019). Kunjungan ini terkait hubungan kemitraan serta kerja sama media dalam bentuk pemberitaan dengan pemerintah daerah.

Pada kegiatan tersebut, Pokja Jurnalis Bangka Selatan yang terdiri dari 10 media didampingi Staf Bagian Humas dan Umum Setda Bangka Selatan, diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Pemkot Batam, Salim, M.Si.
Dalam kunjungan itu, para anggota Pokja Jurnalis bertanya tentang bentuk kerja sama media, pemberitaan serta fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Pemkot Batam.
“Kedatangan kita ke sini ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang bentuk kemitraan media dengan Pemkot Batam,” ujar Ketua Pokja Jurnalis Bangka Selatan, Dedy Irawan.

Menjawab itu, Salim menyebutkan bentuk kerja sama media dengan Pemkot Batam dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS). Dan saat ini Pemkot Batam bekerja sama dengan 5 media cetak dan 56 media online. Pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp7 miliar pertahun untuk kerjasama itu.
Untuk persyaratan yang ditekankan Pemkot Batam saat bekerja sama dengan media adalah, media tersebut wajib terverifikasi minimal secara administrasi di Dewan Pers.
“Kita juga harus selektif dalam bekerja sama, karena media di sini ratusan, dan persyaratan minimalnya adalah mereka wajib terverifikasi secara administrasi di Dewan Pers serta ada juga persyaratan lainnya. Untuk di lapangan kita belum menerapkan aturan uji kompetensi wartawan, silahkan saja wartawan yang mau liputan di lapangan,” jelas Salim.

Ia menambahkan, untuk memudahkan mendapatkan informasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kominfo Batam secara aktif menyampaikan informasi kegiatan OPD di Batam melalui portalnya. Hanya saja ada beberapa informasi yang dikecualikan sesuai dengan UU No 14 tahun 2018 yang tidak bisa disampaikan ke publik.
Selain itu, Kominfo Batam mengenalkan program “Apekesah” yakni aplikasi pengaduan masyarakat tentang administrasi di Pemkot Batam. Pengaduan masyarakat ini dipantau langsung oleh Walikota dan Wakil Walikota Batam. (raw/1)

Related posts