Jumlah Penumpang Pesawat Turun, Ini Tanggapan GM AP II Depati Amir

  • Whatsapp

PANGKALPINANG– Jumlah penumpang pada puncak arus balik lebaran 2019 di Bandara Depati Amir Pangkalpinang tercatat sebanyak 6.511 orang. Puncak arus balik terjadi pada H+3 yakni pada Minggu (9/6/2019).

“Arus balik H+3 itu puncaknya, tercatat 6.511 penumpang, lebih tinggi dari hari biasa diatas 50 persen, kalau hari biasa itu tiga ribuan,” kata General Manager Angkasa Pura (AP) II Cabang Depati Amir, Chuanda kepada wartawan, Senin (10/6/2019).

Namun, diakui Chuanda, jika dibandingkan tahun lalu terjadi penurunan sebesar 16 persen pada hari dan kondisi yang sama. Akan tetapi, bila dibandingkan hari biasa mengalami lonjakan kenaikan penumpang.

“Namun kami memprediksi, arus balik akan kembali terjadi setelah pembagian rapor atau liburan sekolah pada tanggal 23 Juni 2019 mendatang. Nanti kami akan prepare lagi untuk kesiapan lonjakan penumpang,” imbuhnya.

Sementara itu, dia menambahkan untuk puncak arus mudik lebaran  terjadi pada H-3 dengan data  tercatat sebanyak 6.179 penumpang.

“Sebelum lebaran H-3 , 6.179 penumpang, lebih tinggi 46 persen dibandingkan hari biasa, tetapi jika dibandingkan tahun lalu, turun 16,9 persen,” katanya.

Penurunan jumlah penumpang ini, menurut dia, disebabkan harga tiket pesawat yang tidak bisa lagi dijangkau oleh sebagian pemudik. Sehingga, katanya hanya orang-orang tertentu saja yang masih menggunakan pesawat terbang.(nov)

Related posts