by

Jual Singkur dan Anggur Berformalin, Dua Pedagang Pasar Kite Diperiksa

SUNGAILIAT – Dinas Pangan Kabupaten Bangka, Satpol PP Bangka dan Upt Pasar melakukan pemeriksaan pangan di Pasar Kite, Kamis (12/07/2018) lalu.
Dari hasil pemeriksaan pangan tersebut, ditemukan pangan terindikasi mengandung formalin yang terdapat pada ikan singkur dan buah anggur.
Kabid Penegakkan Perundang-undangan Satpol PP Kabupaten Bangka, Achmad Suherman mengatakan, pihaknya mendampingi tim untuk memanggil pedagang yang menjual pangan diduga terindikasi formalin.
“Ikan ini diduga mengandung formalin. Ikan ini dari luar Bangka dan ikan masuk pada saat musim angin kencang. Kalau buah anggur ini kan memang buah luar dan sudah lama dan tahan lama. Kita mengawasi jangan sampai konsumen di rugikan. Apalagi bisa menyebabkan gangguan kesehatan,” kata Suherman.
Menurutnya, tim akan melakukan pemeriksaan pangan di semua pasar karena disinyalir pangan terindikasi didistibusikan oleh distributor yang sama.
Ia menghimbau agar kosumen berhati-hati dan pintar memilih pangan sebelum membeli, apalagi jenis ikan.
“Kalau lagi musim angin kencang ikan ini masuk. Dan harga agak murah dibandingkan dengan ikan yang sama. Bisa dibandingkan dan bisa kita lihat. Karena ikan ini tidak umum dan tidak seperti ikan oleh nelayan lokal. Kalau buah harus hati-hati, apalagi buah luar Bangka yang sudah lama kok gak busuk, itu perlu dicurigai,” bebernya.
Sementara dua pedagang pangan yang menjual pangan diduga berformalin, dilanjutkan Suherman sudah dipanggil ke kantor UPT pasar untuk diperiksa.
“Pedagang itu menandatangani perjanjian dan diberikan teguran keras apabila jika mengulagi lagi maka akan dikenakan pidana dan bisa dicabut izin tempat berjualannya,” pungkasnya. (snt/6)

Comment

BERITA TERBARU