Jokowi Dijadwalkan Kunjungi Babel 5 Agustus, Tamu Undangan Wajib Rapid Test

  • Whatsapp
foto: setneg.go.id

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan kembali berkunjung ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), pada 5 Agustus mendatang.

Kedatangan RI 1 ini dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia yang dipusatkan di Hutan Kemasyarakatan (HKm) Gempa 01, Mangrove Munjang, Kurau Barat, Kabupaten Bangka Tengah.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman menegaskan dalam kunjungan kerja presiden kali ini, bagi masyarakat ataupun undangan yang hadir wajib memiliki surat keterangan bebas Covid-19, bahkan akan diusahakan seluruhnya telah melaksanakan swab dengan hasil negatif.

“Memang syaratnya wajib rapid test dengan hasil nonreaktif, tapi kalau bisa, maunya kita swab, ini untuk menjaga dan melindungi masyarakat kita dan juga menjaga pak presiden,” kata Erzaldi, Rabu (29/7/2020).

Baca Lainnya

Dalam kunjungan kerja presiden tersebut nantinya, Erzaldi menyebutkan kehadiran masyarakat juga sangat terbatas dan berjarak, mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Undangan terbatas, petani di Kurau hanya sekitar 60 orang, di Basel untuk di Bendungan Mentukul 30 orang, panen padi 100 orang, terus penyerahan sertifikat ada 30 orang,” ujarnya.

Selain melakukan penanaman mangrove, presiden akan melakukan penyerahan SK hutan sosial (SK hijau) dan SK tora (SK biru) kepada masyarakat penerima izin di regional Sumatera, serta beberapa agenda lain.

Untuk mempersiapkan kedatangan Presiden Jokowi, Pemprov Babel menggelar rapat persiapan di Ruang Pertemuan Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Babel yang dipimpin Wagub Babel dan dihadiri unsur Forkominda.

Ikut hadir dalam rapat ini Sekretaris Daerah Provinsi Babel, Naziarto, kepala dinas di lingkup Pemprov Babel, Polda Kepulauan Babel, Korem 045 Garuda Jaya dan perwakilan pemkab terkait.

Sementara, Komandan Korem (Danrem) 045 Garuda Jaya, Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto memaparkan persiapan pengamanan RI 1. Pihaknya dibantu oleh beberapa kesatuan baik Paspampres, TNI/Polri, dan Satpol PP Provinsi Babel siap melakukan pengamanan.

“Simulasi pengamanan serta telah peninjauan di titik-titik lokasi yang akan dikunjungi presiden pun sudah dilakukan,” kata Jangkung. (nov)

Related posts