HEADLINES

Jokowi Diharap Segera Sahkan KEK Pariwisata

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman bersama Pengusung Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Bangka, Thomas Jusman. (foto: Nurul Kurniasih)

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG – Pengusung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Bangka, Thomas Jusman berharap pemerintah pusat dapat segera menyetujui dan meresmikan KEK pariwisata Bangka sebagai kado ulang tahun Provinsi Bangka Belitung (Babel) pada tahun ini.

Dia menyebutkan, KEK Pariwisata Bangka di kawasan Sungailiat, Kabupaten Bangka dan Tanjung Gunung, Kabupaten Bangka Tengah tersebut hampir empat tahun diusulkan dan belum juga disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Padahal, kata dia, dengan ditetapkannya sebagai daerah pariwisata akan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kawasan Ekonomi Khusus pariwisata ini sebagai pemacu, menciptakan sumber ekonomi baru, menarik investasi, menciptakan lapangan kerja dan mendukung UMKM tumbuh,” kata Thomas kepada wartawan, Selasa (13/10/2020).

Dengan ditetapkan sebagai KEK, Thomas menegaskan, ada empat keunggulan yang akan diberikan pemerintah kepada pengusaha atau investor, yakni kemudahan perizinan, kebijakan fiskal seperti regulasi perpajakan dan lainnya. “Investor juga mendapat bantuan infrastruktur menunjang kawasan, promosi dan branding (merek-red), ” imbuhnya.

Thomas menyebutkan, pemerintah pusat telah menyetujui KEK pariwisata Bangka ini pada sidang nasional 5 November 2018. Namun, untuk ditetapkan presiden, memang ada yang perlu diselesaikan delineasi dengan PT Timah. Katanya, dengan adanya Perda RZWP3K, sudah ada perjanjian dengan PT Timah dan tidak lagi ada hambatan.

“Kiranya pada Hari Ulang Tahun Provinsi Bangka Belitung tahun ini, penetapan KEK bisa menjadi kado terindah, mengingat begitu besar sumbangsih Bangka Belitung dalam menghasilkan devisa melalui timah. Kami mohon bisa segera membantu penetapan KEK di Bangka, ” harapnya.

Sementara, Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Roesman menambahkan, pengusulan KEK pariwisata Bangka sudah sampai di Kementerian Ekonomi, hanya tinggal selangkah lagi ditetapkan oleh Presiden. “Kami berharap KEK di Bangka bisa direalisasikan, karena ini akan membawa dampak terhadap pertumbuhan ekonomi, ” kata Erzaldi, Selasa (13/10/2020).

KEK pariwisata ini, kata orang nomor satu di Provinsi Babel ini merupakan dukungan dari sektor pariwisata yang diusulkan para pengusaha untuk mempercepat pertumbuhan dan pengembangan pariwisata di daerah, pasca pemerintah mulai mentransformasikan dari sektor tambang ke pariwisata.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top