Jembatan Trans Sumatera Masuk Proyek Nasional

No comment 375 views

*Erzaldi: Studi Kelayakan Tetap Dilakukan

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menegaskan, dirinya sudah menyurati Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) untuk mengusulkan pembangunan pelabuhan dan Jembatan Trans Sumatera masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dia menyebutkan, kedua proyek yang sudah diusulkan ini, diharapkan dapat dibantu oleh kementerian terkait penganggarannya, sehingga beban pembiayaan di daerah tidak terlalu besar.

Meskipun untuk pembangunan Jembatan Trans Sumatera akan ditunda oleh pemerintah pusat, namun Erzaldi menegaskan pra studi maupun studi kelayakan pembangunan jembatan ini tetap dilakukan.

“Kita harus kembangkan potensi ekonomi, bukan berarti FS (Feasibility Study) gak dibuat, saya sudah kirim surat ke Bappenas untuk FS jembatan dan pelabuhan dimasukkan ke PSN,” kata Erzaldi kepada wartawan akhir pekan lalu.

Penguatan wilayah ini, menurutnya dilakukan sesuai dengan keinginan pemerintah pusat seperti yang disampaikan menko perekonomian, yakni memperkuat ekonomi masyarakat, terutama di sektor-sektor pertanian, pariwisata dan lainnya.

Sementara untuk pelabuhan, pemerintah provinsi sepertinya mengusulkan pengembangan pelabuhan baru, antara di kawasan Tanjung Berikat maupun di Tanjung Gunung atau bagian timur sebelum Sungailiat. Untuk pelabuhan di kawasan Tanjung Berikat, sudah sejak lama ditetapkan sebagai pelabuhan tetapi belum dilaksanakan lantaran terganjal kawasan hutan.

Pelabuhan ini, menurut mantan bupati Bangka Tengah ini sangat strategis dan penting, mengingat Provinsi Babel saat ini belum memiliki pelabuhan yang memadai, dengan adanya pelabuhan ekonomi Babel diyakini akan meningkat. “Kapal bermuatan besar akan leluasa bersandar di pelabuhan ini, tanpa menunggu pasang surut air laut,” pungkasnya. (nov/10)

No Response

Leave a reply "Jembatan Trans Sumatera Masuk Proyek Nasional"