by

Jembatan Emas Rusak, Lalu Lintas Kapal BBM dan Logistik Terhambat 

-Berita Terbaru-1,815 views
Plang jembatan tak bisa dilintasi terpasang di areal Jembatan Emas, Rabu pagi (foto:Nurul Kurniasih)

PANGKALPINANG – Jembatan Emas sejak Minggu sore tak bisa beroperasi  lantaran hidrolik dan bagian mesin mengalami kerusakan. Akibatnya, lalu lintas kapal bermuatan besar seperti kapal bahan bakar minyak (BBM) dan logistik terhambat untuk masuk maupun keluar Pelabuhan Pangkalbalam.

“Sejak Minggu sore, mendadak enggak bisa dibuka, ini sudah tiga malam, kami upayakan hingga malam ini bisa diangkat,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) (Babel), Noviar Ishak saat meninjau Jembatan Emas, Rabu (6/2/2019).

Ia menegaskan, bahwa tim dan teknisi sudah bekerja memaksimalkan kondisi jembatan namun terhambat peralatan. Ditargetkan malam ini jembatan sudah bisa dibuka tutup dan beroperasi dengan normal.

“Kita sudah coba tapi belum bisa, peralatan sebetulnya ada di Babel enggak perlu cari keluar, cuma karena libur Imlek beberapa toko sparepart tutup, tapi infonya sudah dapat dan kita targetkan malam ini bisa,” jelasnya.

Kerusakan jembatan ini, kata Noviar dikarenakan mesin untuk membuka jembatan mengalami masalah.

“Ya, beberapa kapal memang enggak bisa lewat, kalau enggak salah ada delapan, yang berkapasitas besar dengan tinggi diatas 15 meter, kami sudah koordinasi dengan KSOP, Pelindo dan Pertamina untuk solusi sementara sebelum jembatan dibuka,” tandasnya.

Noviar meminta, masyarakat terutama pemilik kapal dan lalu lintas laut dapat memahami situasi dan kondisi darurat ini, karena pihaknya pun masih terus mencoba agar jembatan ini bisa berfungsi kembali.

Dia berharap hari ini jembatan sudah bisa dioperasikan, sehingga lalu lintas laut bisa kembali maksimal.

“Mohon doanya agar jembatan malam ini bisa dibuka, kalau dua hari lagi enggak bisa ya akan mempengaruhi pasokan BBM dan distribusi logistik,” tutupnya.(nov)

Comment

BERITA TERBARU