Jelang Puasa, Bawang Merah Naik Daun

  • Whatsapp

Pangkalpinang – Menjelang puasa dan lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah, harga bawang merah mulai naik daun, dalam satu bulan terakhir, terjadi lonjakan kenaikan harga bawang merah yang terus merangkak naik.

Pantauan di pasaran Pangkalpinang, dua pekan lalu bawang merah masih diharga Rp 38.000/kg, sementara satu bulan lalu masih dijual dengan harga Rp25.000-30.000/kg.

Sementara kemarin, bawang merah sudah bertengger di harha Rp45.000 hingga Rp48.000/kg, sedangkan eceran di beberapa toko dan di desa, sudah mencapai Rp50.000/kg.

“Di Jawa banjir, bawang merah banyak gagal panen,” sebut salah satu pedagang, Mila, di pasar Irian, Pangkalpinang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel, Sunardi, ketika dikonfirmasi, mengakui bahwa harga bawang merah ini memang terjadi kenaikan harga.

“Menjelang lebaran permintaan bawang meningkat, seperti Isra’ Mi’raj, kemudian ceng beng, ruah, dan puasa, ya sudah hukum ekonomi permintaan meningkat harga naik, tetapi kita tetap akan pantau harga di lapangan,” jelasnya, Jum’at (5/4/2019).

Sunardi menambah, pantauan Disperindag, selain bawang merah, beberapa komoditi lainnya juga mengalami kenaikan harga, seperti bawang putih, cabai merah dan cabang keriting.

“Pantauan kami, kenaikannya masih wajar, cuma bawang merah yang agak tinggi. Mungkin karena musim hujan ini banyak yang gagal panen,” imbuhnya.

Ke depan, lanjutnya, Disperindag juga akan berkoordinasi dengan KSOP untuk memprioritaskan kebutuhan pokok dan sembako, apalagi ini menjelang puasa.

“Kalau stok enggak masalah, kita akan koordinasi terus dengan distributor dan juga pihak pelabuhan,” tandasnya.(nov/6)

Related posts