Jelang Pilkada 2020, Bawaslu Surati Pemda Soal Netralitas ASN

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Menjelang Pilkada 2020, Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah menyampaikan Peraturan Bawaslu Nomor 6 Tahun 2018 tentang pengawasan netralitas pegawai ASN, anggota TNI dan Polisi.

Read More

Hal itu seperti disampaikan Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Babel Andi Budi Yulianto, dalam RDK (Rapat Dalam Kantor), di Kantor Bawaslu Babel, belum lama ini.

“Memang untuk ASN, TNI dan Polisi, kita sudah menyampaikan surat Perbawaslu. Untuk ASN, kita hanya bisa mengimbau dan mengingatkan, untuk tidak melakukan politik praktis dengan mendukung salah satu peserta pemilu. Namun memang, Bawaslu hanya melakukan pengawasan diluar, karena sampai sekarang belum ada peserta pemilu yang ditetapkan,” kata Andi.

Dia mengatakan, dengan belum adanya peserta pemilu, tentu saja jika ada dugaan ASN yang berpihak, Bawaslu belum dapat melakukan klarifikasi.

“Kalau sudah ada peserta pemilu, kita akan undang untuk melakukan klarifikasi. Namun, soal penindakan dan sanksi, itu bukan kewenangan Bawaslu namun ranahnya KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara),” imbuhnya.

Kendati demikian, Andi mengimbau, agar ASN, anggota TNI dan Polisi untuk tidak melakukan politik praktis untuk mendukung salah satu paslon. (ron/10)

Related posts