Jelang Pemilu April 2019, Danrem Tegaskan Netralitas TNI Harga Mati

  • Whatsapp

NAMANG – Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar serentak se Indonesia pada 17 April 2019 mendatang, kini sudah diambang mata. Komandan Korem (Danrem) 045/Garuda Jaya (Gaya), Kolonel (Inf) Dadang Arif Abdurahman menegaskan bahwa netralitas TNI adalah harga mati.
“Sekali saja TNI tidak netral, maka rakyat gak akan percaya lagi dengan TNI,” katanya di hadapan 468 prajurit dan PNS Korem 045/Gaya beserta jajaran dalam kegiatan Jam Komandan di Aula Depati Amir Makorem di Desa Belilik, Kabupaten Bangka Tengah, Senin (11/3/2019).
Selain netralitas TNI, ia berpesan masing-masing satuan atau staf agar membuat rencana kegiatan serta kalender kegiatan yang berkaitan dengan program kerja dan anggaran tahun 2019.
Dadang menekankan mengenai troof info dari berbagai satuan yang ada, terutama beberapa kejadian yang telah merugikan prajurit, salah satunya masalah kesehatan dan kejadian kecelakaan.
“Sesuai dengan kejadian tersebut supaya kita dapat menjaga diri. Hal seperti ini, jangan sampai terjadi di lingkungan kita dan kita bisa cegah. Kalau kita sudah berupaya namun masih terjadi itu adalah takdir,” tekannya.
Pimpinan tertinggi di tubuh Korem ini menekankan kepada prajurit dan PNS agar tidak tergiur, bahkan ditawari dengan iming-imingan tertentu oleh oknum sehingga ikut membantu dan terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan Pemilu kedepan.
Prajurit dan PNS diminta membaca dan mempedomani buku saku yang telah dibagikan mengenai Aturan Pelibatan/Rule of Engangement (RoE) dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019 supaya tidak salah berbuat dan bertindak dalam Pemilu mendatang.
Turut hadir dalam Jam Komandan tersebut Kepala Staf Korem Letkol Inf Uchi Cambayong, Komandan Kodim 0413/Bangka Letkol (Arm) Riski Budianto dan Komandan Kodim 0431/Bangka Barat Letkol (Arm) Bontor Karo Karo serta para Kasi dan Komandan/Kepala Satbalakrem.
Sebanyak 456 Prajurit dan PNS hadir dalam kegiatan menghadapi pesta demokrasi Pileg dan Pilpres tersebut, terdiri dari satuan Makorem, Kodim 0413/Bangka, Kodim 0431/Bangka Barat dan Satuan Badan Pelaksana Korem (Balakrem).
Usai Jam Komandan, dilanjutkan dengan sosialisasi tentang pengawasan netralitas ASN dalam kampanye Pemilu 2019 dari Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dan diakhiri paparan dari setiap staf masing-masing bidang mulai bidang Intelijen hingga perencanaan mengenai program dan anggaran tahun 2019. (rls/bis/1)

Related posts