Jelang Idul Adha, MUI Bangka Ajak Umat Islam Tunaikan Puasa Arafah

  • Whatsapp
foto: comingsoon.ae

RAKYATPOS.COM, SUNGAILIAT – Ketua MUI Kabupaten Bangka, Syaiful Zohri mengajak masyarakat di daerah itu untuk melaksanakan puasa sunah Arafah sehari sebelum Iduladha.

Puasa Arafah dilakukan setiap tanggal 9 Zulhijjah dimana untuk tahun 2020 atau 1441 Hijriyah, puasa Arafah dapat dilaksanakan pada 30 Juli 2020.

“Besok kan menjelang hari raya kurban atau tanggal 9 zulhijjah, jadi umat Islam dianjurkan untuk berpuasa sunnah Arafah atau yaumul Arafah selama satu hari,” ungkap Syaiful, Rabu (29/7/2020).

Meskipun hukum pelaksanaan puasa tersebut sunah, namun puasa Arafah memiliki keistimewaan tersendiri yakni bisa menghapuskan dosa-dosa kecil selama dua tahun.

Baca Lainnya

“Banyak sekali keutamaannya, salah satunya disebutkan dalam satu hadis barang siapa yang berpuasa sunnah Arafah akan diampuni dosa-dosa kecilnya selama dua tahun lalu,” terangnya.

Syaiful juga mengatakan selain puasa Arafah, terdapat juga puasa sunnah lainnya yakni puasa Tarwiyah yang bisa dilaksanakan oleh umat Islam.

“Sebenarnya hari ini pun (kemarin-red) bagi mereka yang ingin berpuasa pun ada, namanya puasa sunah Tarwiyah, cuma memang yang besar dianjurkan itu puasa Sunnah Arafah,” tegasnya.(mla)

Related posts