Jangan Sembarangan Pinjamkan Sertifikat Tanah

  • Whatsapp
Bupati Bangka Tengah foto bersama warga penerima sertifikat tanah yang merupakan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2019, Selasa (16/07/2019).(foto: muhammad tamimi).

Pemkab Bateng Serahkan 468 Sertifikat Tanah

PANGKALAN BARU – Pemkab Bangka Tengah bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bangka Tengah (Bateng) menyerahkan 468 sertifikat tanah yang merupakan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2019 kepada masyarakat Desa Pedindang Kecamatan Pangkalan Baru, Selasa (16/07/2019).

Dalam kegiatan tahap II sebanyak 132 persil bidang tanah tersebut dihadiri Kepala BPN Mulana beserta jajaran, Camat Pangkalan Baru, Kabid Perhubungan, Kades Pedindang beserta unsur perangkatnya, tokoh masyarakat dan penerima sertifikat.

Selain Desa Pedindang yang melaksanakan Program PTSL diikuti juga Desa Batu Belubang, Mangkol, Benteng, Kelurahan Dul, Air Mesu Timur, Air Mesu, Mangkol, Tanjung Gunung, Padang Baru, Jeruk, Beluluk.

“Program ini merupakan program yang baik, kesempatan emas yang harus kita ambil sebagai perlindungan atas hak-hak kepemilikan tanah yang kita miliki,” ujar Bupati Ibnu Saleh.

Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat Desa Pedindang atas partisipasi masyarakat terhadap program tersebut, serta rawat dan jaga baik-baik sertifikat tanah ini. Lanjutnya silakan urus kembali bagi warga yang belum disertifikatkan.

“Jangan sembarangan meminjamkan sertifikat tanah untuk diagunkan orang lain di bank, sekalipun orang yang meminjam masih memiliki hubungan darah,” pesan Ibnu.

Sementara itu, Kepala BPN Bangka Tengah melalui Rizki selaku Kepala Subseksi Pendaftaran Tanah menyampaikan target untuk Desa Pendidang 1.115 persil bidang tanah. Sedangkan yang sudah terealisasi tahap II menjadi sertifikat 132 persil bidang tanah dari 285 persil yang ikut Program PTSL.

“Tanah yang kita miliki dilindungi oleh adanya sertifikat, dan dalam proses pengurusannya sangat mudah dan murah,” tambahnya.(ran/3).

Related posts