Jalan Sungailiat-Pemali Amblas

  • Whatsapp
JALAN AMBLAS – Jalan penghubung Kampung Parit 1 Kuday Kecamatan Sungailiat menuju Desa Karya Makmur Kecamatan Pemali amblas. Lobang menganga panjang sekira 3 meter dan lebar sekitar 1 meter itu, mengakibatkan jalan tak bisa dilalui dan ditutup sementara. (foto: Zuesty)

Platdeucker tak Mampu Tahan Debit Air

SUNGAILIAT – Jalan penghubung antara perbatasan Kampung Parit 1 Kelurahan Kuday Kecamatan Sungailiat menuju Desa Karya Makmur Kecamatan Pemali dikabarkan amblas tadi pagi, Kamis (28/2/2019). Jalan tersebut amblas setelah plat deucker yang dilalui air tak mampu menahan debit air yang deras dan banyak.

Lurah Kuday, Ari Pamungkas mengatakan saat ini jalan yang pernah diusulkan perbaikannya itu belum bisa dilintasi dan warga melalui jalan lain. “Yang plat deucker amblas itu benar Lingkungan Parit 1 Kelurahan Kuday Kecamatan Sungailiat,” kata Ari dikonfirmasi, Kamis (20/2/2019).

Menurutnya, panjang jalan amblas lebih dari 3 meter lebar sekitar 1 meter itu, ia terangkan sudah masuk usulan Kelurahan Kuday untuk diperbaiki. Tetapi karena sudah amblas maka rencananya akan menggunakan dana darurat di Dinas Pekerjaan Umum, Perhubungan dan Penataan Ruang (PUPR).

“Mungkin dalam waktu dekat akan dieksekusi dinas PU. Untuk sementara warga Kuday lewat jalan alternatif dulu. Dalam waktu tidak lama Dinas PU akan membangun ulang,” tukasnya.

Sementara itu, Aming Kepala Lingkungan (Kaling) Parit 1 Kuday mengatakan amblasnya jalan penghubung tersebut akibat hujan deras sehingga air dialur bandar ini tidak bisa menampung banyaknya air.”Ditambah lagi alur air bandar tersebut miring dan tidak lurus, sehingga arus air untuk mengalir kurang lah lancar,” ungkapnya.

Dulu posisi bandar tersebut lurus dan karena pembuatan bandar yang baru kemarin tidak diizinkan pemilik lahan setempat.
Kaling bermaksud agar posisi bandar itu lurus dan tidak miring. “Kita sudah berbincang-bincang kepada pemilik lahan untuk meminta lahannya sedikit untuk bandar,namun tidak membuahkan hasil,” tutupnya. (2nd/6)

Related posts