Jaga Pasokan Listrik UNBK, PLN Babel Siagakan 401 Petugas

  • Whatsapp
Siswa saat mengikuti UNBK.(foto: istimewa)

PANGKALPINANG– PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (Babel) menerjunkan 401 petugas untuk menyukseskan gelaran Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Masa siaga dimulai sejak tanggal 13 Maret hingga 4 Mei 2020. Selama masa siaga PLN tidak melakukan pekerjaan yang memerlukan pemadaman di sisi distribusi.

“Kami telah berkoordinasi dengan sekolah dan pihak-pihak terkait untuk mengiventarisir dan melakukan pengecekan instalasi listrik di masing-masing sekolah, termasuk pengecekan genset sebagai backup apabila terjadi gangguan secara tiba-tiba,” kata Senior Manager Teknik PLN UIW Babel, Taufik Eko, Selasa (17/3/2020).

Selain itu, lanjut dia, PLN juga memastikan unit pembangkit, transmisi dan distribusi beroperasi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan listrik. Pada area-area kerja yang bersifat kritikal tersebut diberlakukan prosedur operasi dan standar kerja yang lebih ketat.

Petugas siaga tersebut, ditambahkan Taufik, juga selalu dipantau kesehatannya, ditengah mewabahnya virus Corona, sebagai langkah antisipasi. Bahkan petugas yang bertugas di control room dan dispatcher room, diperiksa kesehatannya secara berkala, ditelusuri riwayat kontak dengan orang lain dan ditelusuri riwayat perjalanannya dan keluarganya.

Baca Lainnya

“Semuanya itu kami lakukan untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan PLN, karena kami bertanggungjawab untuk tetap menjaga kelangsungan operasi bisnis dalam menyediakan listrik sekaligus bertanggung jawab melindungi dan menjaga kesehatan dan keselamatan para pegawai,” imbuhnya.

Sejak awal Maret PLN, kata dia, telah melakukan langkah-langkah preventif terhadap upaya pencegahan penyebaran virus Corona. Salah satunya adalah dengan menangguhkan perjalanan kedinasan dan non-kedinasan ke luar negeri bagi seluruh pegawai PLN, terutama ke negara terinfeksi virus Corona.

Selain itu, Taufik menambahkan perusahaan melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi pegawai dan tamu serta melakukan pengecekan riwayat perjalanan. Di seluruh unit, PLN menyediakan masker, hand sanitizer, sarung tangan, thermal gun dan melakukan penyemprotan disinfektan. (nov/rls/10)

Related posts