Istiqomah Menjadi Hafidz Alquran Sejati

No comment 135 views

Oleh: Rodya Mardiana Wiyanto
Mubalighoh Muda LDII

Sabar dalam murojaah (mengulang hafalan Alquran yang telah dihapal), sama halnya dengan istiqomah (konsisten) menjadi Hafidz Alquran sejati. Dalam hal menghafalkan Alquran, kita supaya membuat jadwal yang terencana dengan baik, kapan waktu harus menghafal, dan kapan waktu untuk mengulang-ulang kembali hafalan yang telah dihafalkan (murojaah).

Jika jadwal telah ditetapkan, maka jangan sampai membuang waktu sia-sia dengan tidak menghafalkan Alquran. Istiqomah terhadap waktu, tidak menunda-nunda jadwal menghafal dan murojaah, adalah salah satu kunci sukses dalam menghafalkan Alquran.

Saat menghafalkan Alquran, maka sangat dianjurkan untuk berkonsentrasi, fokus pada hasil yang terbaik di sisi Allah SWT, yakni pahala. Tujuannya agar kita tetap kita dan semangat dalam proses menghafalkan Alquran.

Menghafalkan Alquran adalah suatu pekerjaan yang mulia, berpahala, dan bahkan tidak akan sia-sia. Kenapa kita kurang semangat dalam menghafalkan Alquran?Karena kita kurang tawakal kepada Allah SWT. Memperbanyak berbuat kebajikan seperti menghafalkan Alquran, adalah sebuah bukti nyata kerinduan seorang Hamba untuk berjumpa kepada Allah “Sang Kholiq.

Sedalam cintamu kepada Allah, sedalam itu pula kesiapanmu dalam menghafalkan Alquran. Sedangkan bertahan dalam menghafal, adalah bukti cinta sejati kepada Allah. Kategori penghafal Alquran yang sejati, adalah jika satu hari saja tidak bersama Alquran, maka ada rasa rindu pada dirinya.

Bukti bahwa keimanan kita semakin baik, adalah ketika kita merasakan bahwa 30 juz bukanlah jumlah yang sangat banyak. Sebab, semakin takut neraka, semakin tegar dalam menghafalkan Alquran. Menghafalkan Alquran adalah mempersiapkan kehidupan akhirat yang jauh lebih baik. Rindukanlah Alquran sebagai pemberi syafa’at di akhirat kelak.

Hafal Alquran, bukan masalah bakat, melainkan kesiapan berintraksi secara intensif dengan Alquran.

Nah, tunggu apalagi, mari segerakan membaca dan menghafal Alquran dalam kondisi apapun, kapanpun. Jangan kita berdalih harus mencari waktu kosong atau waktu yang pas buat kita untuk bisa menghafal Alquran. Dekati, dekap dan hafalkan, maka Alquran mampu memberikan petunjuk dan penerang dalam kita mengarungi bahtera hidup di dunia, hingga akhirat. Jika itu sudah kita lakukan, bearti kita akan Istiqomah Menjadi Hafidz Alquran Sejati.

No Response

Leave a reply "Istiqomah Menjadi Hafidz Alquran Sejati"