IPM Bangka Bisa Bersaing di Tingkat Nasional

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka, Ahmad Thamrin menilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Bangka sudah bagus dan bisa ditingkatkan lebih baik lagi.
IPM menurutnya, merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia.

“Kalau melihat IPM Kabupaten Bangka sudah bagus dan ini bisa menjadi acuan untuk lebih baik kedepan lagi, sudah mencapai 70,09, peringkat kedua setelah Kota Pangkalpinang,” kata Thamrin ketika memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (Stisipol) Pahlawan 12 Bangka, Kamis (21/3/2019).

Menurutnya IPM juga bisa digunakan juga untuk menentukan Dana Alokasi Umum (DAU) suatu daerah baik provinsi, kabupaten dan kota. Dia juga menyebutkan, dengan IPM Kabupaten Bangka saat ini pun bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

“Dunia bisa membaca dan melihat, dengan IPM yang sudah mencapai 70 ke atas, ini berarti daya beli masyarakatnya sudah bagus, pendidikan dan sekolah juga sudah bagus, jadi daerah ini nyaman untuk ditempati dan anak-anaknya juga bisa berpikir dengan IPM tinggi, bisa membangun Bangka,” katanya.

Dia berharap kepada mahasiswa untuk belajar membaca data dengan baik dan benar. Salah satunya dengan membuka website BPS. “Mahasiswa harus berpikir kedepan, dengan data kita bisa bangun Bangka dengan lebik baik lagi,” tutupnya.(2nd/10)

Related posts