Investor Korea Siap Investasi Bangun Pabrik Karet di Bangka

Pertemuan Bupati Bangka dengan Investor Korea, Jung Moon Gyu.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka terus mengupayakan kemajuan pembangunan disegala sektor, baik itu bidang ekonomi, pertanian, perkebunan, pariwisata dan lainnya untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat. Rencananya, dengan menerapkan quaterhalic yang saling bersinergi, berbagai kerjasama untuk membantu kemajuan pembangunan di Negeri Sepintu Sedulang pun dilakukan.
Bupati Bangka H. Tarmizi Saat mengatakan, dalam waktu dekat ini contohnya salah satu investor asal Korea Selatan, Jung Moon Gyu selaku Direktur Haein Resources akan menanamkan investasinya membangun pabrik karet di Kabupaten Bangka.
“Mr. Jung Moon Gyu ini rencananya akan menginvestasikan modalnya untuk membangun pabrik karet di salah satu daerah di Kabupaten Bangka. Kita menyambut baiklah, karena bisa meningkatkan perekonomian kita juga,” ungkap bupati ketika melakukan pertemuan dengan Mr. Jung Moon Gyu, Kamis malam (28/9/17) di Sungailiat.
Diuraikan orang nomor satu di Kabupaten Bangka, Mr. Jung Moon telah datang ke Pulau Bangka lima kali dan sudah melakukan survei di beberapa tempat untuk membangun pabrik karet.
“Tim kita turun ke lapangan untuk menentukan lokasi yang pas dan tepat untuk pembangunan pabrik karet ini, bisa di daerah Tirus, Pangkal Niur atau tempat lainnya,” kata Tarmizi.
Lebih lanjut bupati yang juga seorang petani ini menyampaikan upaya membangun pabrik karet ini salah satu tujuannnya untuk membantu petani karet menjual karetnya langsung ke PT. Haein Resoucers.
“Kita bantulah untuk kemajuan masyarakat kita, nanti kita diskusikan dan pastikan teknisnya seperti apa, yang penting mau bantu masyarakat Bangka dengan potensi dan sumber daya alam yang menunjang kita siap bantu,” tukasnya didampingi Sekda Bangka H. Fery Insani, Kepala Dinas Pertanian, Kemas Arfani Rahman,  Kepala Bappeda, H. Pan Budi Marwoto, Kepala Nakerperindag, Thony Marza, Kepala Dinas Penanaman Modal, Perizinan Satu Pintu dan UKM,  Syafarudin, dan lainnya saat pertemuan itu.
Bupati berharap pembangunan pabrik karet PT Haein ini segera direalisasikan dan ditentukan untuk harga dan lainnya.
“Cepat dibangun kalau sudah pasti semuanya, baik itu lahan, perizinan, lingkungan dan lainnya untuk mendukung terwujudnya pabrik karet tersebut,” tandasnya.
Sementara itu, Direktur Haein Resoucers,  Jung Moon Gyu dalam kesempatan yang sama mengungkapkan keinginannya membangun pabrik karet di Bangka. Selain untuk membantu para petani, dirinya juga mempunyai latar belakang keluarga petani. “Kita mau bantu petani disini, jadi tidak susah menjual karetnya,” kata Jung.
Dirinya bersama tim dari Pemkab Bangka siap bersinergi untuk mempercepat pembangunan pabrik karet tersebut.
“Saya itu yang perlunya, air, listrik dan jalan. Kalau tempatnya sudah ada kita langsung bergerak, mulai dari pembayaran lahan, atau penyewaan, perizinan, listrik dan lainnya,” jelasnya dalam Bahasa Inggris.
Targetnya Jung Moon mengatakan, pembangunan pabrik karet ini akan dilakukan pada awal bulan November mendatang dan satu tahun selesai.
“Kita akan bahas semuanya, semakin cepat semakin baik. Sekarang ini yang terpenting penentuan lokasi pabrik, urus pembayaran, izin dan langsung kita bangun sambil berjalan,” ungkapnya.
Kedepan Jung Moon Gyu mengatakan pihaknya akan memerlukan banyak tenaga kerja unuk pabrik karet ini.
“Kita perlu sekitar 200 orang pekerja nantinya, namun yang terpenting pembangunan pabrik karet dulu, karena mengingat karet ini merupakan salah satu komoditas utama dunia, kita kan kirim ke Palembang lalu ke Korea,” tukasnya. (*)
Dikirim oleh: Humas Pemkab Bangka
Editor: Agus Hendrayadi
No Response

Leave a reply "Investor Korea Siap Investasi Bangun Pabrik Karet di Bangka"