INSA Bantu Korban Banjir Rumah Layak Huni

No comment 123 views

 

Wakil Ketua Umum Indonesia Natiomal Shipowners Association Djoni Sutji menyerahkan bantuan rumah layak huni kepada korban banjir Gantung, Belitung Timur.(foto: Bastiar Riyanto)

*Kades Berharap Perhatian Pemda

MANGGAR – Indonesia Natiomal Shipowners Association (INSA) yang merupakan Asosiasi Pengusaha Perkapalan dan Pelayaran Indonesia, Rabu (11/10/2017), menyerahkan bantuan dua unit rumah layak huni kepada korban banjir di Kecamatan Gantung, Belitung Timur.

Acara sederhana penyerahan bantuan rumah layak huni ini, dihadiri Bupati Beltim yang diwakili Sekda Beltim Ikhwan Fahrozi, Kapolres Beltim diwakili AKP Rusnanto, Danpos AL yg diwakili, Pabung AU, Letda Budi Rahardjo, Sekcam Gantung, Erwan, Kades Lenggang, Evo Lesmana serta Para Kadus dan ketua RT se-Desa Lenggang. Juga Para tamu undangan dan masyarakat desa Lenggang Gantung. Meskipun acara penyerahan bantuan rumah layak huni sempat molor dari jam yang dijadwalkan pada pukul 11.00 WIB, acara tetap berjalan lancar.

Wakil Ketua Umum INSA, Djoni Sutji memberikan apresiasi atas segala sambutan masyarakat kecamatan Gantung. “Kita memberikan apresiasi respon masyarakat kepada DPC INSA Belitung. Kemarin, adanya bencana kebanjiran kami berinisiatif untuk berbuat sesuatu, diinfokan juga ke DPP INSA Pusat yang akan melakukan bangun rumah,” terang Djoni.

Selain itu, terkait bencana banjir Gantung, INSA melakukan penggalangan dana di Jakarta. “Di Jakarta kita infokan ke semua anggota INSA, siapa yang mau ikut berpartisipasi dan ternyata cukup banyak anggota yang ikut menyumbang. Jadi, sumbangan itu diserahkan ke korban banjir berupa bantuan ke ketua DPC sini, untuk disalurkan ke masyarakat setempat. Kedepannya sebisa mungkin kita ikut berkontribusi,” ujar Djoni.

Evo lesmana selaku Kepala Desa Lenggang sangat berterima kasih kepada INSA atas kepeduliannya yang telah memberikan bantuan rumah layak huni kepada warga korban banjir beberapa waktu lalu. “Semoga dengan rasa kepedulian INSA terhadap korban banjir akan memberikan berkah dan bermanfaat agar lebih sukses kedepan,” tutur Evo dalam sambutannya.

Selain bantuan rumah layak huni, juga diberikan bantuan lainnya berupa meterial bahan bangunan dan sembako. Evo menyampaikan, untuk realisasi bantuan yang berasal dari kemensos sudah dilaksanakan pertanggungjawabannya, meskipun masih ada rumah yang perlu menjadi perhatian oleh pihak Pemerintah Daerah.

“Kami di desa ada keterbatasan walaupun ada sumbangan dari pihak ketiga seperti material bangunan sudah terakomodir dan disalurkan kepada korban banjir yang pada saat ini, masih dalam proses pengerjaan rumah,” Sambung Evo.

Kades Evo berharap, nantinya ada perhatian dari Pemda Beltim, karena masih ada rumah yang harus dilakukan perbaikan. “Di mohon nantinya ada support dalam bentuk bantuan dari Pemda, karena masih ada rumah yang perlu di rehab,” tegas Evo.

Diketahui, dari 11 rumah yang rusak berat akibat bencana banjir, tidak hanya berada di dusun canggu, namun ada 3 rumah yang rusak berat terletak di Dusun Seberang Kecamatan Gantung Kabupaten Beltim.

Mewakili Bupati Beltim, Ikhwan Fahrozi menjelaskan, bantuan senilai Rp20 juta akan ditransfer melalui rekening. “Ini nanti akan di bantu lewat rekening bencana daerah setara dengan bantuan dari kemensos dengan nominal Rp20 juta, hanya tinggal verifikasi dan persetujuan Bupati, selanjutnya akan diserahkan,” kata Ikhwan Fahrozi.

Ikhwan menambahkan, kepada Pelaku usaha yang terkena korban banjir kita sudah berkordinasi dengan AKPD terkait untuk pinjaman lunak tanpa anggunan.(yan/3)

No Response

Leave a reply "INSA Bantu Korban Banjir Rumah Layak Huni"