Inisiasi Pengelola, Jadikan Perpusdes Mayang Tempat Bimbel Anak

  • Whatsapp
Tim Monev Bantuan Hibah Buku saat melakukan wawancara dengan Pengelola Perpusdes Mayang.(foto: ist).

RAKYATPOS.COM, KELAPA KAMPIT – Desa Mayang, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur (Beltim), sejak beberapa waktu lalu telah menerapkan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang merupakan Program Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Hal itu diketahui berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi (Monev) yang dilakukan Tim Monev Bantuan Hibah Buku dan Rak ke Perpustakaan Desa (Perpusdes) Mayang, Selasa (1/12/2020).

Read More

Kepala Pengelola Perpusdes Mayang, Indah Fitriani didampingi Yessi Kumawati dan Fenny selaku Pengelola Perpusdes Mayang mengatakan, melihat kondisi masyarakat desa setempat, seiring telah diberlakukannya Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, maka ada inisiasi dari Pengelola Perpusdes untuk menjadikan Perpusdes sebagai tempat salah satu kegiatan berupa bimbingan belajar (Bimbel) bagi anak-anak.

Jadi, katanya, anak-anak yang ada di Desa Mayang dihimpun dan diberikan bimbingan belajar. Untuk bahan-bahan bimbelnya sudah tersedia di Perpusdes.

Selain itu, dikatakan juga, Perpusdes Mayang turut dijadikan sebagai pelatihan computer bagi anak-anak atau masyarakat desa setempat. “Komputer yang digunakan merupakan bantuan dari Perpusna pada tahun 2019 lalu sebanyak 3 unit,” ujar Indah.

“Jadi, kami di Perpusdes Mayang, mengintegrasikan perpustakaan menjadi rumah pintar bagi masyarakat, dan merupakan salah satu aplikasi dari Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial,” katanya.

Di Perpusdes Mayang sendiri, ditambahkannya, memiliki 2.051 judul buku dan 3.666 eksemplar. Buku tersebut ada dari bantuan provinsi tahun 2010 dan 2019, dan dari Desa Mayang di tahun 2019.

Dari buku-buku yang telah disediakan itu juga, ditambahkan Indah, masyarakat diajak untuk menanam tanaman hidroponik, dengan referensi buku ada di Perpusdes Mayang. “Ini dilakukan untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat,” ungkapnya.

Sementara itu, Rohayani Pustakawan Ahli Madya memberikan apresiasi tinggi kepada Perpusdes Mayang yang telah berhasil memanfaatkan bantuan hibah buku dan rak, termasuk menerapkan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Sebelum ke Perpusdes Mayang, Tim Monev terlebih dahulu mengunjungi Kantor Desa Mayang. Di Kantor Desa, Tim Monev  disambut sejumlah pegawai yang bertugas di Kantor Desa Mayang.(rel).

Related posts