Ini Nama-nama Pemenang Lomba Kebun Lada Petani Bateng 2019

  • Whatsapp
Bupati Bateng, Ibnu Saleh menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba kebun lada petani Bateng 2019, Rabu (23/10/2019). (foto: Muhammad Tamimi)

KOBA – Panitia Lomba Kebun Lada Petani Bangka Tengah (Bateng) tahun 2019 telah menetapkan para pemenangnya. Juara I diraih H. Suhaimi, Anggota Kelompok Tani Karya Usaha Muda Desa Lubuk Besar Kecamatan Lubuk Besar dengan nilai 5225 luas lahan 2 hektare, jumlah tanaman 5000 batang, jenis lada Lampung Daun Kecil (LDK) usia 2,8 tahun; tajar hidup pohon kapuk dengan produksi 1 kg/batang.

Berikutnya Juara II diraih H. Evi Kaswari dari Kelompok Tani Rukun Damai Desa Nibung dengan nilai 4800 diatas lahan 2 hektare, jenis merapin jumbo, jumlah tanaman 2000 batang usia 4,5 tahun dan tajar hidup kapuk dan produksi 0,7 kg/batang.

Terakhir, Juara III diarih Suryadi, Anggota Kelompok Tani Beringin Jaya Desa Kayu Besi Kecamatan Namang dengan nilai 4150 luas kebun 0,25 hektare; jenis Lampung Daun Kecil (LDK), jumlah tanaman 500 batang, usia 3 tahun, tajar hidup gamal, dan produksi 1,2 kg/pohon.

Selain mengumumkan pemenang lomba kebun lada dilanjutkan penyerahan peraih Produk Sertifikat Prima 3 atas nama Jimmi Gunawan dari Desa Benteng Kecamatan Pangkalan Baru produk Jamur Tiram. Kemudian Suandi Desa Cambai produk Sawi Telor; Ajiz Desa Kerakas produk Pisang Cavendish; dan Anto Desa Air Mesu Timur produk cabai merah.

“Lomba kebun lada di Bangka Tengah sebagai spirit dan penyemangat bagi petani untuk terus membudidayakan tanaman lada secara organik dengan produksi yang tinggi. Waktu penilaian pada tanggal 09-14 Agustus 2019 dan Tim Penilai Dinas Pangan dan Pertanian,” ujar Bupati Ibnu Saleh, Rabu (23/10/2019).

Untuk peraih Produk Sertifikat Prima 3 katanya produk yang memenuhi jaminan mutu produk pertanian yang telah dikaji oleh Tim Otoritas Kompetensi Keamanan Pangan Daerah (OKKPD).”Mereka ini yang telah melakukan audit atau pemeriksaan terhadap cara budidaya dan hasil dengan memenuhi standar mutu yang dipersyaratkan,” tuturnya. (ran)

Related posts