Ini Cerita ABK KM Michael Putra yang Selamat dari Kebakaran Kapal

  • Whatsapp
Kapolres Basel AKBP Bambang Kusnarianto saat menyambangi korban ABK dan penumpang yang selamat.(foto: Dedy Irawan)

Toboali– Iswara Bayu Respari (21) anak buah kapal (ABK) KM Michael Putra yang terbakar di Perairan Gelasa menceritakan sebelumnya terjadi kebakaran, para ABK dalam kondisi stand by di tempat tugasnya masing-masing.

Tiba-tiba saja, lanjutnya di bagian palka muncul api kecil dan mulai mengeluarkan asap. Para ABK, awalnya  kata dia, berupaya untuk memadamkan api tersebut. Namun gagal, api terus membesar dan terjadi ledakan.

Untuk menyelamatkan penumpang dan ABK, Akhirnya Nakhoda KM MP memutuskan kepada ABK dan penumpang untuk segera mencebur diri ke laut menggunakan pelampung life craf.

Menurut dia, ada juga yang menggunakan drum kosong. Lebih dari tiga puluh menit, para ABK dan penumpang mengapung di laut hingga akhirnya berhasil diselamatkan kapal nelayan Lion Saputra milik Sarifudin warga Suka Damai Toboali.

“Sebelum diselamatkan kapal nelayan, kita sempat mengapung mungkin lebih dari 30 menit, api tidak bisa dipadamkan lagi, semakin membesar dan ada ledakan, kita diperintahkan untuk menyelamatkan diri menggunakan pelampung dengan menceburkan diri, dan Alhamdulillah, kita diselamatkan nelayan Toboali yang melintas,” kata Iswara. (raw)

Related posts