Ingin Pupuk Subsidi, Masuk Poktan

  • Whatsapp

Berharap Pertanian Meningkat

KOBA – Bagi petani yang menginginkan pupuk bersubsidi dari pemerintah, maka salah satu syaratnya adalah harus masuk Kelompok Tani (Poktan) yang ada di desa dan mengetahui prosedur penerimaannya.

Kabid SDM atau Kelembagaan dan Penyuluhan Dinas Pangan Kabupaten Bangka Tengah, Juliah mengatakan, selama ini dalam budidaya bibit atau tanaman hortikultura sering kali mengalami kendala dalam hal ketersediaan pupuk.

“Dengan kendala tersebut, Dinas Pangan Bateng berusaha menjembatani penyediaan pupuk bersubsidi bagi petani yang tergabung dalam kelompok tani,” ujarnya.

Ia mengatakan, bagi petani yang belum tergabung dalam Kelompok Tani, maka tidak dapat menerima bantuan pupuk bersubsidi dari pemerintah.

“Dalam mengajukan pengadaan pupuk subsidi pun kelompok tani harus mengisi rencana definitif kebutuhan kelompok atau RDKK pupuk bersubsidi,” ungkapnya.

Ditambahkannya, hal demikian mengingat kelompok tani harus mengetahui betul kebutuhan pupuk untuk areal pertaniannya.

Sementara itu, dari hasil pertemuan tersebut diketahui para petani meminta pendampingan penyuluh dalam penanganan hama dan penyakit yang lebih intensif.

“Kami berharap, dunia pertanian di Bangka Tengah dapat lebih meningkat dan ekonomi sektor pertanian dapat menopang ekonomi kerakyatan pasca tambang seperti saat ini,” pungkasnya. (ran/3).

Related posts