Ingin Buat KIA, Cukup Kirim Syarat Lewat WA

  • Whatsapp

Disdukcapil Belitung Luncurkan Program ‘Bekawan’

TANJUNGPANDAN – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belitung baru-baru ini luncurkan program ‘Bekawan’. Program ini, bertujuan untuk mempermudah proses bagi anak ingin mengurus pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Mustopa mengatakan, selama ini Disdukcapil selalu memberikan upaya yang terbaik dengan berbagai program yang dibuatnya.

“Kalau kemarin ada pelayanan keliling, sekarang kita permudah lagi dengan program Bekawan,” kata Mustopa kepada Rakyat Pos, Senin (12/08/2019).

Dikatakannya, untuk ‘Bekawan’ para warga yang ingin membuat KIA cukup syaratnya kirimkan fotokopi Akte Kelahiran, Fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan foto jika berumur diatas 5 Tahun ke nomor WhatsApp 0878-9450-4860.

“Cukup kirim lewat WA saja, jadi masyarakat tidak perlu bolak balik. WA saja kepada kami untuk mengurus KIA tadi,” ujar Mustopa.

Bagi anak yang yang berumur 5 tahun kurang 1 hari, mereka tidak perlu kirimkan foto. Sedangkan bagi yang berumur 5 tahun hingga 17 tahun kurang satu hari mereka wajib kirimkan foto.

“Pakai fotonya kalau yang lahirnya tahun ganjil latar belakang fotonya warna merah, kalau yang tahun kelahiran genap pakai foto warna biru,” jelas Mustopa.

Dikatakan Mustopa, KIA ini sangatlah penting dan dipastikan akan lebih mempermudah segala macam urusan pelayanan publik nantinya, sama seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP)

“KIA ini perpaduan antara Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran. Jadi kedepan anak yang sudah ada KIA tidak perlu lagi membawa akta atau KK jika ada keperluan nanti. Karena KIA sudah mewakili keduanya,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Disdukcapil masih terus melakukan pendataan dengan pelayanan keliling supaya masyarakat diluar Tanjungpandan bisa lebih mudah mendapatkan KIA ini.

Dengan mempermudah proses pembuatannya diharapkan seluruh masyarakat bisa memiliki KIA ini. Saat ini Disdukcapil Kabupaten Belitung akan mencoba kerja sama dengan pengusaha sehingga ada manfaat ekonomis bagi pengguna KIA.

“Misalnya dengan menunjukan KIA kepada sebuah toko misalnya mereka akan dapat diskon bagi perlengkapan sekolah. Hal itu akan kami usahakan,” pungkas Mustopa. (dodi/3)

Related posts