Indek Profesional PNS Kota hanya 60 Persen

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang merilis hasil evaluasi terhadap indeks profesional Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkot Pangkalpinang hanya sebesar 60 persen saja.
Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam, saat pelaksanaan Pengukuhan Indeks Profesional ASN di Hotel Cordela, Rabu (9/10/2019).
“Sekitar enam puluh persen. Karena itu kita harus meningkatkan profesional itu sendiri. Ini sangat penting,”ujar Sekda.
Katanya, untuk itulah pelaksanaan sosialisasi ini dilakukan untuk mengukur indeks profesional ASN Pemerintah Kota Pangkalpinang.
Dia menjelaskan guna mengukur indeks itu, telah tersedia aplikasi kriteria di dalamnya yang harus diisi, yang nantinya ada nilai-nilai seperti prilaku kompetensi dan pendidikan. Semuanya menjadi kompenen penentu atas penilaian indek profesional tersebut.
“Mereka akan menjadi petugas yang akan mengukur dan menginput di OPD-nya masing-masing dan sejauh mana ASN di OPD tersebut profesionalisme mereka. Mereka yang akan menginput semuanya itu. Harapan saya ASN kita meningkat kompetensi sebagai ASN,” jelas Radmida.
Dia menegaskan ASN tidak hanya menuntut hak dan kewajiban saja, namun profesional ASN juga harus dilaksanakan mengiringi jabatan yang diembannya. Ada jabatan ada tanggung jawabnya. Tidak seenaknya saja.
“Karena itu ASN tidak menuntut jabatan saja, tapi jabatan itu sendiri menuntut bagaimana kewajiban kita dan profesionalisme kita harus kita laksanakan mengiringi dengan jabatan itu, agar keseimbangan dan profesionalnya dapat terukur,” tukasnya. (bum/6)

Related posts